Untung Atau Sial Ayam Jago Menurut Primbon Jawa

SABUNG AYAM ONLINE – Untung Atau Sial Ayam Jago Menurut Primbon Jawa Yang Belum Banyak Diketahui Oleh Para Pecinta Dunia Sabung Ayam Agar Dapat Memahami Sisi Sang Ayam.

Cerita, mengenai ayam jago ternyata tidak berhenti di tempat latihan saja. Ia juga erat dengan dunia ramal-meramal. Terutama kalau mendekati saat-saat latihan tarung untuk menjajal kebolehannya. Dari sini orang baru tahu kalau si ayam itu tenyata juga membawa keberuntungan dan kesialan. Disini kami selaku MASTER303 akan memberikan beberapa ulasan yang telah kami rangkum dari beberapa media yang mengarah pada primbon jawa ini, diantara lain nya:

  • Hari Berpengaruh Besar Pada Peruntungan Ayam Jago.
  • Ciri-Ciri Ayam Jago Juga Memilki Makna Didalamnya.

Sabung Ayam Online – Hari Berpengaruh Besar Pada Peruntungan Ayam Jago.

Orang-orang Jawa Kuno, soal keberuntungan dan kesialan itu bisa diramal dari jauh-jauh hari. Sehingga, bagi masyarakat Jawa, soal memantang sesuatu pada hari-hari tertentu, misalnya bepergian, mengadakan hajat, menentukan bentuk rumah, dan juga menarungkan ayam jago kesayangannya juga adalah hal yang biasa. Memang, soal ini, bersumber dari waktu, yaitu, hari yang jumlahnya tujuh dan pasaran yang jumlahnya lima.

Entah bagaimana sejarahnya, hari dan pasaran, dijadikan sumber untuk hal itu lalu diberi angka neptu. Barangkali, untuk memudahkan menentukan untung sial tersebut, yang caranya dengan menghubung-hubungkan angka-angka yang dipakai hari dan pasaran, sehingga ketemulah angka yang bisa ditafsirkan. Di bawah ini dikemukakan angka neptu yang dipakai untuk penghitungan keberuntungan atau kesialan.

Hari Neptu Pasaran Neptu
Minggu 5 Kliwon 8
Senin 4 Legi 5
Selasa 3 Pahing 9
Rabu 7 Pon 7
Kamis 8 Wage 4
Jumat 6
Sabtu 9

Angka keberuntungan, yang rupanya sudah disepakati oleh kebanyakan orang untuk menarungkan ayam jago, adalah 10, 12, 14 dan 17. Jadi, kalau dalam penjumlahan itu hasilnya ternyata di luar angka keberuntungan ini, maka lebih baik menunda latihan tarung ayam.

Angka sial (yang ternyata lebih banyak jumlahnya) adalah angka 7, 8, 9, 11, 13, 15, 16 dan 18. Kalau kita mendapat angka penjumlahan yang sial ini, jelas latihan tarung harus ditunda.

Sabung Ayam Online – Ciri-Ciri Ayam Jago Juga Memilki Makna Didalamnya.

Ciri ayam jago juga erat kaitannya dengan pembicaraan kita ini. biasanya ciri ini dihubungkan dengan “lawan” dari jago yang dilatih. Kalau misalnya angka keberuntungan ada pada kita, tetapi dari perhitungan ciri, jago kita “asor” maksudnya (lebih rendah derajat atau mutu kemujurannya), maka sudah barang tentu latihan tidak bisa diteruskan. Ciri itu sendiri, kalau jago dilihat dari kelasnya, bisa digolongkan menjadi tiga kelas. Menurut warna bulunya, kelas satu wiringkuning, kelas dua wiringgalih, dan kelas tiga jragem (hitam mulus). Sedangkan menurut warna kakinya. Kelas satu berkaki kuning, kelas dua berkaki putih, dan kelas tiga berkaki hitam biru. Di bawah ini hanya menyoroti dari segi warna kaki saja.

Kaki kuning, mempunyai nilai 9

putih, mempunyai nilai 7

hitam, mempunyai nilai 5

Nilai kaki ini kemudian dijumlah dengan neptu hari dan pasaran, hasil penjumlahan dibagi tiga. Kalau hasil pembagian bersisa satu, nasib jago jatuh pada kutuk (anak ayam); kalau bersisa dua nasib jago jatuh pada kuwuk (kucing pemakan ayam); dan bersisa tiga jatuh pada beluk (burung pemakan binatang)/ khusus untuk istilah “bersisa tiga” ini, juga mengandung arti habis dibagi (tidak ada sisa).

Jadi kalau nasib ayam jatuh pada kutuk, maka ayam akan dikalahkan oleh lawannya bernasib kuwuk atau beluk, karena kutuk itu lebih “asor” derajatnya. Demikian pula kuwuk lebih “asor” daripada beluk. Ini artinya, melatih ayam jago, paling tidak memilih nasib yang jatuh pada kuwuk, tetapi akan lebih baik lagi kalau nasib ayam jago jatuh pada beluk yang terajatnya lebih tinggi dari semuanya.

Demikianlah artikel diatas “Untung Atau Sial Ayam Jago Menurut Primbon Jawa” semoga bisa memberikan beberapa wawasan buat para pembaca apalagi khusus pecinta dunia sabung ayam yang kini sedang terkenal di berbagai negara dan Indonesia, sekian dan terima kasih banyak.

Salam Hobi, CR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *