Tips Menjinakan Dan Merawat Ayam Hutan Sumatera Yang Liar

AGEN SABUNG AYAM – Tips Menjinakan Dan Merawat Ayam Hutan Sumatera Yang Liar. Ayam hutan yang sesuai dengan namanya merupakan ayam hasil tangkapan langsung yang dari hutan, ada juga yang menyebutnya ayam bekisar walau sebetulnya berbeda dengan jenis ayam hutan. Ayam bekisar merupakan keturunan dari ayam hutan merah dan ayam hutan hijau, disamping itu ada juga Ayam hutan srilangka dan Ayam hutan kelabu. Lalu jika kita mempunyai ayam hutan hasil tangkapan dari alam ini, bagaimana cara menjinakkan ayam hutan?

Ada banyak teknik dan cara dalam menjinakkan ayam hutan merah ori baik yang baru di dapat ataupun yang sudah lama di kandang. teknik yang saya ajarkan adalah sebagian kecil dari ilmu menjinakkan ayam hutan merah yang saya ketuhui antara lain seperti ;

* Berikan kandang yang panjang dan lebar untuk ayam hutan yang masih liar, usahakan dinding kandang ayam menggunakan karung atau jaring agar menghindari ayam dari cidera jika suatu saat ayam mengamuk ingin keluar dari kandang, kemudian ayam hutan di beri ikatan kaki dengan tali sepanjang 2 meter atau lebih tujuannya saat ayam hutan di letakkan di halaman dan terbang kakinya tidak tertarik kencang sehingga bisa mengakibatkan kesakitan atau pincang karena tersentak, oleh sebab itu harus menggunakan tali yang cukup panjang.

* Cara selanjut nya ayam hutan yang baru di dapat atau yang sudah ada, sebaik nya di kurung 1-2 minggu hingga ayam sudah cukup mengenal makannya dan rajin makan setelah ayam hutan sudah mulai makan dan cukup fit kondisinya. waktunya untuk mengikat kaki ayam dengan tali ikat kaki namun tali nya harus panjang 2-5 meteran. kemudian ayam hutan tadi di mandikan saat udara cukup panas untuk di jemur kemudian di pancangkan atau di letakkan di halaman agar ayam bisa berjemur untuk mengeringkan bulunya. pastikan tidak ada ayam peliharaan lain yang lepas yang akan menggangu ayam hutan tersebut agar ayam hutan tidak ketakutan atau di ganggu dengan ayam lain nya.

* Setelah bulu ayam hutan kering maka alus lah teknik hipnotis ayam. yaitu tidurkan ayam hutan secara terbalik sehingga kaki ayam hutan di atas kemudian tutup mata ayam hutan hingga dia tertidur biarkan beberapa saat hingga ayam tertidur lelap. kemudian ulangi lagi hal tersebut hingga beberapa kali sampai ayam tersebut benar2 merasa nyaman di dekat anda. setelah itu lakukan teknik mengelus dagu ayam secara perlahan ada bulu-bulu halus antar gelambir bawah ayam. maka elus bulu tersebut hingga ayam tersebut merasa nyaman dengan anda.

Demikian lah informasi yang bisa kami berikan untuk anda yang teratarik untuk memelihara ayam hutan yang cantik agar menjadi peliharaan yang jinak di rumah anda, semoga tips di atas bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba nya di rumah. Terima Kasih

by ; an

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *