STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM

Sabung Ayam Online – STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM
K
andang merupakan bagian penting yang sangat berpengaruh pada keberhasilan budidaya Ayam Ras / Ayam Petarung. Tanpa adanya kandang yang baik maka ayam yang sudah dibesarkan akan mudah terserang penyakit, dicuri, atau mengalami berbagai macam masalah-masalah lain.

Masih banyak pemilik khususnya pemula dalam dunia ayam mengalami kesulitan dalam mentukan bentuk, ukuran dan serta model kandang Ayam Ras / Ayam Petarung yang baik untuk ternak ataupun untuk kandang umbaran. Sebenarnya cara membuat kandang ayam terbilang mudah, tidak membutuhkan teknik spesial, asal semua bahan telah tersedia, pasti siapa saja dapat membuatnya.
Dalam proses pembiakannya, kandang juga berfungsi sebagai tempat hidup anakan dari Ayam Ras / Ayam Petarung yang masih berusia muda. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara membuat kandang Ayam, syarat-syarat, desain/bentuk, serta ukurannya.

Beberapa bentuk serta model yang merupakan rekomendasi baik dari bentuk segi maupun model ataupun bahan yang lebih bagus, gunakan bahan rangka kayu, dinding kawat Ram serta lantai kandang dapat dibuat dari bambu.

Sabung Ayam Online - STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM

Sabung Ayam Online - STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM

TIPS KANDANG STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM

  • Manfaatkan sinar matahari pagi sebaik mungkin untuk menyinari isi kandang selain baik untuk ayam juga untuk membunuh kuman penyakit.
  •  Ciptakan alas kandang yang kering bila berupa kandang umbaran, karena apabila alas yang lembab tidak baik untuk kesehatan ayam. Bila berupa kandang susun buatlah alas yang kokoh untuk pijakan karena alas yang goyang atau lembek, lama kelamaan bisa merusak kuda-kuda dari kaki ayam.
  • Buat lah ruang gerak yang cukup.
    untuk anak ayam 0-1.5 bulan : ukuran 1 meter persegi (m2) bisa untuk 10 ekor.
    untuk anak ayam 2-3 bulan : ukuran 2 meter persegi (m2)  bisa untuk 5 ekor.
  • umur 4 bulan silahkan diumbar bebas sampai umur 6 bulan dengan cara ini otot ayam lebih cepat jadi, mudah saat dirawat.

 

Kandang umbaran satuan adalah kandang yang Multifungsi/Serbaguna. Kandang ini dapat digunakan sebagai kandang kawin, kandang umbaran, sekaligus sebagai kandang anakan usia 1,5-3 bulan. Kandang ini dibuat dari dengan ukuran ideal panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter.
Alas kandang sebaiknya berupa tanah yang dicampuri pasir. Alas yang demikian bermanfaat untuk membentuk struktur cakar dan jari-jarinya. Selain itu tambahkan pula tenggeran dari kayu untuk tempat bermainnya. Adapun secara lebih jelas, berikut ini gambar kandang umbaran untuk dapat Anda tiru desainnya.

Sabung Ayam Online - STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM

Kandang Umbaran untuk Ayam Petarung dewasa, ayam dapat bebas untuk bergerak dan berkokok. Khusus agar ayam dewasa juga harus di buatkan kandang umbaran sendiri, hal ini agar menghindari ayam menjadi bantet. Yang dapat saja membuat pertumbuhan ayam menjadi terhambat. Biasanya ayamyang sudah bantet akan bermasalah akibat kelebihan lemak daging. Ayam Ayam Ras / Ayam Petarung yang ideal wajib memiliki bentuk tubuh atletis dan profesional.

Sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait dengan berita informasi STANDAR KANDANG UMBARAN BAGI AYAM ADUAN / SABUNG AYAM Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk pengetahuan pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia. sekian dan terima kasih..

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *