Sejarah Sabung Ayam Di Indonesia

Sejarah Sabung Ayam Di Indonesia, Pada kesempatan kali ini kami tim sabung ayam online akan membahas tentang sejarah/ riwayat sabung ayam yang ada di Indonesia, yang di antara lain sudah kita kenal seperti di Bali ada Tajen Bali, dan di tanah Toraja yang di kenal Massaung Manuk.

Maka dari itu kami sebagai agen sabung ayam online, akan membahas sedikit untuk anda tentang sejarah dari sabung ayam di Indonesia.

– Sabung Ayam Bali / Tajen Bali
Merupakan sabung ayam yang berasal dari pulau yang cukup eksotis di Indonesia yaitu pulau bali ,, Tajen sendiri berasal dari kata taji yang di ambil dari kata taji yang di artikan sebagai benda pipih, tajam dan juga sering di gunakan sebagai salah satu alat bantu dalam pertandingan sabung ayam. Pada mulanya sabung ayam tajen di bali hanya di gunakan oleh masyarakat bali dalam upacara agama Tabuh Rah, yaitu upacara tabur darah bintang yang juga di percayai untuk mengusir Butha (Pengaruh Negatif) agar tidak datang kembali dan menggangu manusia dan juga semua mahkluk terhindar dari marabahaya.

Tajen di pulau bali, biasanya di adukan dalam sebuah arena, dimana sabung ayam yang akan di adukan di ikatkan taji di kakinya, agar dapat melukai lawan dengan tajinya tersebut, dan dari darah ayam yang terluka tersebutlah yang sangat di percayai masyarakat bali dapat mengusir segala marabahaya yang akan datang atau sudah dekat di kehidupan mereka, namun sayangnya lama kelamaam tajen bali ini semakin lama semakin berubah bukanlah untuk menjadi sebuah upacara ke agamaan melainkan menjadi ajang untuk berjudi para warga bali.

Sejarah Sabung Ayam Di Indonesia massaung

– Sabung Ayam Toraja / Massaung Manuk
Untuk Massaung manuk adalah sebuah penamaan dari permainan yang kita kenal sabung ayam dari orang bugis yang jika kita artikan dalam bahasa Indonesia adalah adu ayam, Untuk Masaung Manuk sendiri pada awalnya hanya di lakukan oleh golongan bangsawan pada kerajaan bugis dahulu kala untuk memeriahkan pesta-pesta adat mereka contohnya seperti pada saat pelatikan raja, upacara perkawinan, dan juga ketika panen raya.

Jaman dahulu awal mulanya permainan ini di mulai ketika ada beberapa raja yang memang sedang mencari tubrani-tubrani (Pahlawan) kerajaan yang akan di bawa kedalam medan pertempuran, jadi pada waktu itu yang di sabungkan dalam Massaung manuk bukanlah dua ekor sabung ayam melainkan 2 orang manusia. Namun di karenakan sangat jarangnya ada pertarungan di antara kerajaan yang ada, pertarungan kedua manusia itu di uba menjadi pertarungan dua sabung ayam dan di namakan Massaung Manuk.

Demikian berita yang bisa kami tim sabung ayam online berikan tentang Sejarah Sabung Ayam Di Indonesia , salam hangat dari kami  tim Sabung ayam onlineMaster303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *