Sejarah Ayam Onagadori

Agen Sabung AyamAyam Onagadori merupakan salah satu ayam berekor panjang yang berasal dari negara Sakura , Jepang. Ayam Onagadori ini dalam bahasa Jepang ditulis “尾長鶏” yang berarti Ayam Ekor Panjang.

Panjang ekor ayam Onagadori ini bisa mencapai 10 meter bahkan lebih sedangkan di Indonesia ditemui panjang ekor ayam Onagadori ini bisa mencapai 3- 5 meter.

ayam Onagadori

SEJARAH AYAM EKOR PANJANG ONAGADORI

Tidak ada saksi sejarah yang bisa menuliskan secara pasti asal usul dari ayam ini , namun masyarakat Jepang percaya Ayam Onagadori ini berasal dari ayam domestik biasa yang telah berevolusi selama berabad-abad lamanya. Ada juga yang percaya ayam ini berasal dari perkawinan antara ayam domestik biasa dengan ayam hutan dengan gen non molting dan mempunyai kecenderungan bertengger.

Terlepas dari sejarah keunikan Ayam Onagadori membuat Kaisar Jepang pada tahun 500 SM menjadikan ayam ini sebagai ayam peliharaannya. Pada abad ke 17 Tuan Tanah kedua dari daerah kochi yaitu Bangsawan Yamaouchi menginginkan ekor dari ayam Onagadori digunakan untuk dekorasi ujung pisau tombak untuk seremonial Kebesaran Feodal , dekorasi dari ayam Onagadari ini menjadikan Para Punggawa pembawa tombak memimpin iring-iringan rombongan ke Edo atau yang sekarang disebut Tokyo.

Bangsawan Yamaouchi juga membuat monumen untuk menghormati pengembangbiak sebenarnya dari ayam Onagadori , Riemon Takechi yang hidup pada masa pemerintahannya.

CARA MEMELIHARA AYAM ONAGADORI

Cara memelihara Ayam Onagadori bisa dibilang gampang-gampang susah , untuk pakannya sama dengan ayam biasa hanya saja perlu diperhatikan nutrisi tambahan seperti minyak ikan , sayur-sayur hijau , beras merah diyakini sangat baik untuk pertumbuhan ekor ayam Onagadori.

Kandangnya pun dibuat khusus , ayam Onagadori tidak bisa diumbar seperti ayam biasa tapi harus ditenggerkan. Kandang ayam Onagadori harus dibuat tinggi 2-3 meter untuk bertengger agar ekornya terawat dan lebar kandang harus sempit 18-25 cm sehingga ayam tidak bisa berputar yang dapat merusak bulu ekornya.

Dengan keunikan ini maka membuat harga ayam Onagadori ini agak sedikit mahal.

Harga Ayam Hias Onagadori Per Ekor :

Ayam Onagadori 1 Bulan   @ Rp 200,000
Ayam Onagadori 2 Bulan   @ Rp 300,000
Ayam Onagadori 3 Bulan   @ Rp 400,000
Ayam Onagadori 4 Bulan   @ Rp 550,000
Ayam Onagadori 5 Bulan   @ Rp 700,000
Ayam Onagadori Dewasa   @ Rp 1,350,000

Harga ini merupakan harga yang ada di Indonesia , dan harganya bisa berbeda di setiap daerah serta dari tingkat keunikan ekor dan warna bulu.

{WY}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *