Sashimi Ayam Apakah Berbahaya

SABUNG AYAM ONLINE – Sashimi Ayam Apakah Berbahaya Bagi Pecinta Makanan Khas Jepang Yang Masih Belum Diketahui, Sehingga Kita Selaku Master303 Akan Memberikan Bocoran.

Anda pecinta Sushi? Makanan asal Jepang yang satu ini memang sudah dikenal di banyak negara, termasuk Indonesia. Salah satu jenis sushi yang menjadi favorit adalah Sashimi, dimana ikan yang segar disajikan dalam bentuk mentah atau setengah matang. Memang sudah jadi hal biasa bagi masyarakat Jepang untuk memakan ikan mentah seperti sashimi. Namun, tahukah Anda bahwa selain ikan, kini ada daging ayam mentah dan setengah matang juga dijadikan sashimi di beberapa restoran yang ada di negara Jepang dan Amerika. Yang menjadi permasalahan adalah, apakah sama keamanannya saat kita makan ikan mentah dan daging ayam mentah?.

Memakan sashimi ayam dapat menimbulkan risiko yang cukup besar terhadap infeksi yang disebabkan oleh Campylobacter atau Salmonella, dua jenis bakteri yang menyebabkan keracunan obat. Hal ini dikatakan oleh Ben Chapman, seorang spesialis keamanan makanan dan profesor di salah satu North Carolina State University.

Infeksi bakteri Campylobacter merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari infeksi diare di Amerika jika berdasarkan data dari CDC (Center for Disease Control and Prevention). Bakteri dapat menyebabkan gejala gangguan pencernaan seperti diare, kram dan nyeri perut, dan pada beberapa kasus dapat juga menyebabkan mual dan muntah. Diperkirakan ada 1,3 juta kasus infeksi di Amerika setiap tahunnya, dan rata-rata kurang dari 100 kematian setiap tahun karena infeksi salah satu bakteri ini. Disinilah kita akan membahas sashimi ayam apakah berbahaya?

Bakteri dari salmonella menjadi penyebab keracunan makanan yang paling banyak dilaporkan. Salmonella merupakan makhluk hidup mikroskopik yang dapat berpindah dari feses (kotoran) manusia atau hewan ke manusia dan hewan lainnya. Beberapa jenis dari Salmonella ini biasanya tidak memberikan gejala tertentu pada hewan yang dijangkitnya. Begitupun jika terdapat dalam makanan yang telah diolah, bakteri ini tidak mempengaruhi rasa, bau atau tampilan yang terlihat, tidak seperti infeksi jamur. Bahayanya, justru jenis Salmonella ini yang dapat menyebabkan manusia sakit.

Salmonella ini hidup di saluran usus manusia dan hewan, termasuk burung. Bakteri satu ini biasanya berpindah ke manusia melalui makanan yang dikonsumsi jika sudah terkontaminasi kotoran hewan. Salmonella yang terdapat pada daging dan ayam mentah dapat bertahan hidup jika tidak dimasak hingga suhu internal minimum yang aman. Salmonella juga dapat ditularkan ke manusia melalui kontaminasi silang, misalnya ketika ada percikan kotoran hewan yang jatuh ke makanan siap makan seperti pada sayur-sayuran yang salah satunya dijadikan salad.

Catatan penting yaitu memakan ayam mentah berbeda dengan memakan ikan mentah. Pada ikan mentah, bakteri yang paling sering menyebabkan orang sakit adalah parasit, dan parasit ini dapat dibunuh dengan membekukan ikan. Sedangkan Salmonella, pembekuan tidak memberikan efek apapun pada bakteri jahat ini.

Demikianlah artikel di atas mengenai “Sashimi Ayam Apakah Berbahaya” semoga menambah wawasan bagi kita yang suka mengkomsumsi makanan jenis ayam dan agar lebih berhati-hati dalam memilih kualitas daging, sehingga tidak mendatangkan penyakit yang di atas. Sekian dan terima kasih banyak.

Salam Kesehatan, CR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *