RACIKAN HERBAL ; AMAN DAN MUDAH UNTUK AYAM KESAYANGAN

SABUNG AYAM ONLINE – RACIKAN HERBAL ; AMAN DAN MUDAH UNTUK AYAM KESAYANGAN merupakan pengobatan penyakit maupun pemberian jenis vitamin yang tidak menimbulkan efek samping.
Dalam pembahasan ini, kita akan berbagi tentang pengobatan HERBAL untuk mengatasi penyakit yang sering dijumpai pada ayam. Hal ini merupakan tantangan tersendiri dalam aktivitas berternak ayam dan wajar terjadi.
Baik itu berternak ayam kampung maupun ayam hias, hingga ayam laga sekalipun, apabila ayam yang sedang kita pelihara terserang suatu penyakit maka penanganan utama sangatlah diperlukan, terutama dalam pengobatannya.

Hal terpenting apabila ayam sakit maka kita harus mengetahui ciri dari jenis penyakit ayam dan cara penanganannya. Berikut ini merupakan RACIKAN HERBAL ; AMAN DAN MUDAH UNTUK AYAM KESAYANGAN agar penyakit yang menyerang ayam pun dapat mudah diobati.

SNOT / CORYZA
Image result for penyakit snot
Digolongkan penyakit pernapasan, ini adalah penyakit pilek yang disebabkan oleh bakteri. Jika dilihat dari kondisi ayam seperti sering mengangguk-anggukan kepalanya dan terlihat sering mengantuk. Dari mata dan hidung ayam mengeluarkan cairan kental. Dan perlu diingat bahwa penyakit ini dapat menular sangat cepat terkecuali kepada anak ayam yang masih berusia 3 – 10 hari.
Berikut adalah obat herbal yang digunakan dalam mengobati penyakit Snot,
Bahan : Tepung beras 300 gram , Kencur ditumbuk halus 200 gram, Jahe parut sebanyak 50 gram (bahan tersebut di haluskan dan tercampur sampai merata).
Ramuan ini dibentuk pil sebesar biji jagung, lalu dijemur hingga kering. Berikan dua kali sehari, di pagi dan di sore hari dalam jangka waktu seminggu.

TETELO

Sering juga disebut penyakit samper ayam atau pes cekak, penyakit ini sering menyerang unggas seperti ayam karena terjadi infeksi viral yang berakibat gangguan pada saraf pernafasan. Menular ke ayam lain melalui media seperti udara dan dengan jangka waktu yang sangat singkat antara 3 – 4 hari sudah dapat menyerang seluruh ternak. Biasanya penyakit ini tidak akan bertahan lebih dari 30 hari.
Dari gejala yang umum pada ayam akan didapati gangguan pernafasan biasanya di mulai dengan batuk, ngorok, bersin, seperti susah bernapas dan mulut berlendir. Disertai tubuh ayam yang kian lesu dan lemas karna nafsu makan menurun dibandingkan biasanya. Dari kotorannya terlihat lebih encer dan berwarna hijau. Pada bagian kornea matanya (biji mata) terlihat keruh, jenggernya berwarna biru dan jika sudah parah akan terjadi kelumpuhan saraf yang mengakibatkan kejang-kejang dan leher terpuntir.
Berikut adalah obat herbal yang digunakan dalam mengobati penyakit TETELO,
Bahan : Daun Pepaya tua , Air bersih (100 ml)
Ramuan Daun Pepaya tua namun belum menguning diletakkan pada suatu wadah/ ember. Berikan air sebanyak 100 mili lalu dikucek hingga menjadi halus. Dari hasil kucek Daun pepaya yang sudah dicampur air tersebut akan terlihat berwarna hijau pekat lalu masukkan dalam botol untuk nantinya diminumkan sebanyak 2 sendok makan. Air ekstrak Daun Pepaya tua diberikan secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari, namun pada hari ke tiga dosis dikurangi menjadi 2 kali sehari.

KOLERA / BERAK HIJAU
Image result for kolera ayam
Penyakit ini merupakan penyakit kronis pada pencernaan disebabkan oleh bakteri dan bisa menyebabkan kematian secara perlahan ataupun mendadak. Karakteristik dari bentuk penyakit ini dapat terlihat dari ayam yang terlihat lesu, suhu badan naik, pial dan jengger berubah warna menjadi merah kebiru-biruan, diare yang berair berwarna putih kekuning-kuningan kemudian berubah menjadi kehijau-hijauan, dan terdapat gangguan pernafasan. Apabila ayam kalian ada yang terkena penyakit ini, cara pengobatannya bisa dengan diberi antibiotik seperti, noxal,ampisol, atau juga inequill. Namun jika secara herbal, ada ramuan yang tepat untuk pengobatan penyakit seperti ini.
Bahan Kunyit, Bawang Putih dan Daun Pepaya. Semua bahan herbal di cuci bersih. Masukkan air bersih 7 liter kedalam panci dan masak hingga mendidih. Masukkan bahan herbal tadi kedalam panci dan masak hingga sekitar 30 menit. Racikan ini nantinya bisa dicampurkan dengan jatah air minum ayam pada pagi hari saja. Racikan dapat dimasak ulang sebanyak 3 kali.  Herbal dapat di barengkan dengan vitamin, tanpa mengurangi khasiat masing-masing.


Perlu diingat bahwa tidak ada standarisasi dosis obat herbal untuk RACIKAN HERBAL ; AMAN DAN MUDAH UNTUK AYAM KESAYANGAN. Diperlukan improfisasi dan kreativitas peternak, baik diberikan satuan atau kombinasi dari herbal-herbal tersebut. Semoga Panduan ini dapat menjadi berguna dan bermanfaat bagi para peternak atau pecinta ayam.

By BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *