PERSIAPAN SEBELUM AYAM MAJU BERTARUNG DI ARENA SABUNG

Sabung Ayam Online – PERSIAPAN SEBELUM AYAM MAJU BERTARUNG DI ARENA SABUNG
Kebanyakan dari para penghobi ada saja yang selalu ragu untuk turun ke Arena Sabung, hal ini disebabkan karna mereka ragu dengan kondisi ketahanan fisik si ayam yang akan bertarung.
Pada umumnya ayam haruslah benar-benar dalam kondisi yang prima, baik dari sisi mental, daya tahan, tenaga, kecepatan dan faktor penting lainnya. Untuk itu Anda harus mempersiapkan fisik ayam Anda sebelum bertarung.
Mempersiapkan Ayam untuk menghadapi Turnamen atau Kejuaraan, pastilah anda melakukan persiapan bagi Ayam dengan sematang mungkin dan biasanya wajib diberikan pemanasan lebih dulu. Dalam hal ini biasanya setiap pemilik pasti memiliki cara atau kiat masing-masing.

Ada beberapa hal yang bakal kita bagikan dalam melakukan PERSIAPAN SEBELUM AYAM MAJU BERTARUNG DI ARENA SABUNG, berikut Tipsnya:

• Latihan sebelum turun ke Kalangan.
Sebelum turun ke kalangan, biasanya setiap pagi dimandikan & menjemur ayam antara pukul 9 pagi sampai pukul 12 siang dengan durasi selama 1 jam (tergantung cuaca), setelah itu ayam diumbar dikandang umbaran (Ukuran Kandang – 2 x 2 m) namun apabila tidak ada cukup dilepas bebas secukupnya, setelah itu kembali ke kandang istirahat.

• Memberi Makanan.
Memberikan Makanan sehari-hari dan tidak berlebihan,
Makanan utama lebih baik mengikuti kesenangan dari ayamnya, berikanlah Padi Merah atau Jagung sesuai apa yang ayam sukai namun alangkah lebih baik untuk tidak berlebihan agar tidak membuat fisik ayam kegemukan.
Maka seminggu sekali cukup diberi 1 butir telur (Telur Bebek) dan Vitamin B kompleks selama 1 minggu sebanyak 2×2 butir dalam sehari setelah ayam makan pagi dan sore. Perlu diperhatikan agar menghentikan pemberian telur dan obat-obatan 3 hari sebelum ayam mau diadu.

• Membentuk Otot Bagi Ayam Pemula

– Latihan untuk memperkuat otot dan stamina bisa dilakukan dengan lari mengelilingi kandang (kliteran)

– Senam Leher
tips latihan ini adalah dengan cara memutarkan leher ayam ke sisi kiri dan juga kanan sebanyak 30 putaran tiap arah. Tetapi usahakan agar tidak terlalu cepat, cukup dengan memutar 1 detik tiap putaran. Fungsi dari latihan ini adalah untuk melatih bagian otot leher si ayam agar dapat lebih lentur ketika menekukkan lehernya dan mematuk kepala lawan.

– Senam Badan
latihan senam badan adalah dengan memutar badan ayam ke kiri dan kanan , cukup dengan memasukkan tangan kita ke sela sayap dan memutar bagian otot leher agar dapat lentur ketika menekukkan leher agar mematuk kepala lawan.

– Senam Sayap
latihan ini ini adalah melalui mengangkat ayam di bagian dadanya dan menggunakan telapak tangan kita, Diposisi ini, Ayam bakal terlihat seperti memberikan pukulan ke arah kaki lawan serta mengepakkan sayapnya. Anda boleh memberikan latihan ini 30 kali setiap hari.

• Untuk adu ayam jenis Sabung Taji/Piso akan lebih baik apabila kondisi ayam jangan kegemukan, lincah dan cepat melemparkan pukulan maka akan berpotensi menang, untuk hal ini Ayam Ras / Trah Philipina paling baik kualitasnya.

PERSIAPAN SEBELUM AYAM MAJU BERTARUNG DI ARENA SABUNG
– Tiap hari rawatan seperti biasa.
– Kurang 1 minggu sebelum diadu, ada baiknya diberikan asupan makanan tambahan berupa daging kambing mentah sebesar ibu jari agar kulitnya cepat merah menyala.
– Kurang 5 hari sebelum diadu,  silahkan disuntikan Neorobian 0,5 ml dan hentikan pemberian Jamu apapun.
– Kurang 2 hari sebelum diadu, masukkan ayam kedalam kandang ( karantina ) 1 hari penuh dan hindari gangguan dari ayam lain.

Persiapan untuk di Arena Sabung Ayam dengan cara melakukan senam ringan adalah dengan mengekang punggung ayam kebawah sambil mendorong ayam kedepan. Latihan ini dapat disebut juga dengan push up. Latihan juga dapat diberikan 30 kali dan diulang setiap hari. Persiapan Ayam Sabung disamping latihan, anda juga harus melihat kesehatan Ayam anda. Ayam yang sakit tentu saja presentase menangnya lebih kecil dibanding dengan ayam yang sehat.

Dalam memilih Ayam berkualitas, tentu kita harus memperhatikan dahulu jenis ayam tersebut dan juga jenis dari indukan ayam tersebut. Apabila ayam tersebut bukan keturunan dari ayam petarung, sebagus apapun ciri fisik dan kemampuan ayam tersebut, tetap saja hal tersebut tidak bisa menjadikan ayam tersebut sebagai juara.

Sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait PERSIAPAN SEBELUM AYAM MAJU BERTARUNG DI ARENA SABUNGSemoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk pengetahuan sejarah pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia. sekian dan terima kasih..

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *