Waspada! Ini Penyebab Utama Penyakit Ayam Ngorok

Penyebab Utama Penyakit Ayam Ngorok

Penyakit ngorok pada ayam umumnya terjadi karena adanya lendir dari lubang hidung hingga kerongkongan yang terinfeksi oleh virus bakteri. Bakteri yang menyebabkan lendir tersebut sangat beragam asal usulnya, baik dari lingkungan luar atau virus dari dalam kandang yang tidak bersih, bisa juga karena pengaruh cuaca.

Lendir ini bukan hanya menyebabkan ayam bangkok anda menjadi ngorok, tetapi juga dapat membuat ayam menjadi bersin bersin. Terlebih penyakit ini juga tidak mengenal umur, virus ini dapat menyerang ayam yang masih muda hingga yang sudah dewasa.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari penyakit ngorok pada ayam bangkok kesayangan anda:
1. Karantina Ayam yang Sakit
Untuk ayam yang sedang sakit sebaiknya dipisahkan dengan ayam ayam lainnya yang masih sehat. Karantina ayam yang sakit agar virusnya tidak menular dengan ayam yang lain. Pisahkan seluruh ayam yang sehat ke kandang lain dengan jarak minimal 20 meter untuk mencegah virus menular.

2. Periksa Kandang
Sebagai tempat tinggalnya, pastikan ukuran kandang ayam sesuai dengan ukuran ayam bangkok. Ayam bangkok membutuhkan kandang dengan atap atap yang lebih tinggi dari tubuhnya. Hal ini bertujuan agar ayam tidak berebut oksigen yang dapat menjadi penyebab timbulnya masalah ngorok.

3. Perhatikan Jenis Pakan
Sebagai penghobi ayam, banyak yang memberikan makanan berat untuk ayam yang masih muda agar badannya menjadi cepat besar. Hal ini bisa menjadi penyebab ayam ngorok. Jenis pakan yang baik adalah yang sesuai dengan usia ayam. Berikan pakan ayam yang sesuai dengan seusianya agar mencegah penyakit ngorok.

4. Bersihkan Kandang
Kandang yang bersih tentu saja akan membuat ayam terhindar dari penyakit. Kotoran ayam dalam kandang dapat menjadi penyebab utama berkembangbiakmya bakteri penyebab ayam ngorok. Bakteri CRD adalah salah satu jenis bakteri yang menyerang pernapasan ayam yang dapat berkembang dengan cepat di dekat kotoran ayam.

5. Karung Ayam
Kondisi cuaca yang tak menentu, terutama pada musim pancaroba, dapat meningkatkan ayam terserang penyakit ngorok. Oleh karena itu jika cuaca sedang tidak baik, karungilah kandang ayam anda terutama pada saat malam hari agar menghindari bakteri yang dapat masuk dan berkembang di dalam kandang. Pengarungan ini juga dapat bermanaat untuk mencega berbagai jenis virus penyakit lainnya seperti virus flu burung yang sering kali muncul saat musim hujan.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Penyebab Utama Penyakit Ayam Ngorok yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *