Pengetahuan Dasar Teknik Memproduksi Pakan Ternak

AGEN SABUNG AYAM – Ilmu pengetahuan dasar teknik memproduksi pakan ternak secara benar. Ternak apapun jenis-jenis nya sangat membutuhkan namanya pakan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok, produksi dan reproduksi agar dapat melangsungkan kehidupan. Fungsi ternak bagi manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan protein bagi kehidupan. Bahkan tuntutan kebutuhan akan produk peternakan baikpun itu berupa susu, daging dan telur sangat tinggi, yang dikarenakan seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kesadaran akan pentingnya gizi bagi perkembangan tubuh manusia. Karena itu tingginya laju permintaan akan produk peternakan ini harus diimbangin dengan kecepatan memproduksi yang berkualitas tinggi pula, hal ini akan tercapai bila ternak mendapatkan cukup zat-zat makanan yang dengan mudah diserap dan dikonversikan menjadi sumber protein hewani yang bernilai gizi dan ekonomi yang tinggi.

Faktor Dasar Memproduksi Pakan Ternak

Agar kita dapat mencapai target produksi ternak yang menguntungkan, salah satu faktor dasar memproduksi pakan ternak ini dapat dilakukan dalam ukuran waktu yang relatif cepat adalah dengan memberikan ransum yang dapat diserap cepat oleh metabolisme tubuh. Beberapa hal penting yang harus anda ingat dan anda harus ketahui yaitu :

  • Peran bahan pakan (ransum)
  • Beberapa alat untuk sampling bahan agar memudahkan analisis
  • Mengetahui jangkauan harga bahan baku
  • Alat operasional
  • Cara penimbangan
  • Prosessing
  • Control kualitas
  • Bagian pergudangan
  • Pendistribusian

Kriteria diatas adalah membuat tujuan dari usaha perternakan adalah memenuhi kebutuhan permintaan manusia dengan memperhitungkan seberapa besar yang bisa di capai. Dan besarnya biaya pakan ternak dalam usaha peternakan bisa mencapai 70 sampai 80 persen dari total biaya produksi. Bila kita mampu menekan biaya yang akan dikeluarkan, maka usaha kita akan dapat lebih menguntungkan.

Definisi Dalam Memproduksi Pakan Ternak

Definisi ini adalah dimana teknik memproduksi pakan ternak dengan serangkaian aktifitas yang melibatkan sumber daya yang sudah tersedia untuk menghasilkan pakan yang sudah memenuhi standar dan sudah ditetapkan oleh nutrisionist. Bahan-bahan pakan terdiri dari bahan-bahan organik dan anorganik. Bahan organik yang terkandung dalam bahan pakan antara lain terdiri dari protein, lemak, serat kasar, bahan ekstak tanpa campuran nitrogen. Sedangkan bahan-bahan anorganik yang dimaksud itu yaitu calcium, phospor, magnesium, kalium, natrium dan lain-lainnya.

kandungan bahan-bahan organik ini dapat kita ketahui dengan melakukan analisis proximate dan analisis terhadap vitamin dan mineral untuk masing-masing komponen vitamin dan mineral yang terkandung didalam bahan yang dulakukan di laboratorium dengan memakai alat ukur yang spesifik dan bercampur dengan teknik yang sudah diketahui oleh beberapa ahli.

Nutrisionist adalah seorang ahli dalam bidang pakan ternak, dan persyaratannya juga harus mengetahui tentang banyaknya kebutuhan hidup untuk setiap jenis dan periode hidup ternak. Bahkan harus mengetahui beberapa zat-zat yang didalam pakan sehingga dapat dimanfaatkan oleh metabolisme ataupun tidak dapat diterima.

Demikian informasi ini  Pengetahuan Dasar Teknik Memproduksi Pakan Ternak ” yang bisa kami sampaikan melalui artikel ini dan semoga bermanfaat bagi para pembaca dan peternak, Terima Kasih banyak.

Salam Hobi, CR

Pengetahuan Dasar Teknik Memproduksi Pakan Ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *