Pakan Tambahan Pelengkap Untuk Ayam Aduan

Agen Sabung Ayam Online

Pakan tambahan pelengkap untuk ayam aduan sangat dibutuhkan ayam bangkok khusus sebagai penambah tenaga serta energinya , pemberian pakan yang baik akan meningkatkan stabilitas dan performa ayam di arena laga.

Selain pakan pokok , ayam aduan khususnya ayam bangkok , sangat memerlukan pakan pelengkap , pakan pelengkap tersebut bisa dicampur dari berbagai pakan yang telah kita kombinasikan sesuai kegunaan dari pada ayam bangkok tersebut. 

Pakan tambahan yang kita berikan berguna untuk menambah kekuatan , kebugaran baik ayam pada saat akan dilagakan atau bisa juga hanya sebagai menjaga kesehatan saja , ini penting , karena jika kita hanya mengandalkan pakan utama , asupan gizi untuk kebutuhan tubuh tidak bisa terjaga dengan baik.

Jenis menu pakan ini juga harus dikuasai cara pemberiannya , karena pemberian yang tepat akan membuat ayam aduan kita tetap sehat dan bugar ,beberapa menu pelengkap yang bisa diberikan sesuai kebutuhan ayam adalah sebagai berikut:

Pakan Penambah Karbohidrat

Jenis pakan ini sangat penting kita berikan , karbohidrat sendiri berguna sebagai asupan tenaga utama ayam bangkok , jika ayam bangkok sampai kekurangan pakan yang mengandung karbohidrat , maka ayam akan cenderung lemas , kurang tenaga.

Untuk menambah pola pakan jenis ini kandungan karbohidrat sebagai menu pakan pelengkap atau diberikan gula merah yang sudah dilunakkan terlebih dahulu , dan diberikan secara rutin.

Pakan Penambah Protein

Selain karbohirat , ayam juga membutuhkan banyak kandungan protein , protein sendiri mampu menyegarkan dan menguatkan stamina ayam bangkok supaya lebih mantap ,akan lebih bagus jika kita berikan pada ayam pemacek khusus bapakan.

Namun ayam bangkok yang khusus untuk tempur juga perlu untuk kita berikan jenis protein. Menu pakan pelengkap yang banyak mengandung protein , juga bisa diberikan satu telur puyuh yang telah rebus berikan setiap hari.

Jika Anda memiliki ayam bangkok yang memiliki gaya bertarung tipe taji , pemberian telur puyuh bisa diberikan 3 hari sekali saja.

Pakan Melancarkan Pencernaan

Buah tomat juga  diyakini  bisa  melancarkan pencernaan pada ayam bangkok , akan lebih bagus diberikan setiap hari sebagai menu pakan pelengkap.

Pakan Memperkuat Tulang

Untuk memperkuat tulangan anak ayam bangkok maupun sudah dewasa dapat diberikan satu butir kalk ketika ayam bangkok akan latihan , khususnya latih jajal tarung. Lebih bagus apabila masih anakan ayam diberikan kalk tersebut untuk penyempurna tulang agar mudah terbentuk dan kuat , besar kokoh.

Pakan Pelengkap Lainnya

Dan masih banyak pakan pelengkap lainnya yang dapat diberikan , yang memiliki fungsi penting bagi ayam bangkok seperti pertumbuhan bulu ayam cepat tumbuh dapat diberikan satu butir minyak ikan yang bisa diberikan 6 hari sekali.

Pakan pelengkap lainnya untuk melancarkan sistim percernaan bisa diberikan kunyit sebesar kelereng yang tata caranya bisa dihaluskan lalu dilolohkan pada ayam bangkok tersebut.

Semua pakan pelengkap tersebut sangat penting diberikan pada ayam bangkok tersebut , sesuaikan dengan pola latihan serta pemberian pola yang kurang seimbang , nantinya malah akan membuat ayam bangkok drop.

Sebagai informasi tambahan yang mungkin juga akan berguna bagi Anda serta manfaat untuk ayam bangkok tersebut.
*Pakan beras merah untuk menjaga agar bobot ayam stabil , badan padat serta menjaga stamina.
*Kuning telur , madu serta multivitamin mampu untuk memulihkan tenaga ayam yang sedang drop.
*Pakan berupa jagung mampu menstabilkan bobot ayam bangkok.
* Daging kambing yang masih mentah , bagus sebagai pemulih luka , khusus tenaga serta bagus juga sebagai penghambat peredaran darah , misal kita berikan setelah atau sebelum ayam dilagakan.

WY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *