Obat Mata Ayam Bangkok Yang Cacingan, Mata Merah, dan Kena Pukul

Bagian vital pada sabung ayam salah satunya adalah mata yang memiliki fungsi untuk melancarkan serangan pada ayam lawan saat sedang di adu. Tanpa mata yang berfungsi dengan baik, ayam bangkok akan kesulitan untuk menang terutama saat menghindari pukulan dari ayam lawan di arena sabung ayamUntuk itu sebagai penghobi ayam harus siap sedia dengan obat mata ayam bangkok.

Karena begitu pentingnya fungsi mata pada ayam, kebersihan mata ayam bangkok harus dijaga. Ada beberapa penyakit mata yang perlu diperhatikan. Sakit mata pada ayam biasanya terinfeksi oleh lingkungan keadaan sekitar, seperti cacing, virus, bakteri bahkan karena jalu lawan sehingga membuat mata ayam robek atau berdarah.

Begitu banyak penyakit pada mata ayam yang perlu diketahui cara pengobatannya. Berikut ini adalah beberapa obat mata ayam yang dapat anda gunakan untuk ayam kesayangan anda:
1. Terinfeksi Cacing
Ciri mata ayam yang terinfeksi cacing adalah:
– muncul kotoran mata setiap pagi (belek)
– kelopak mata bengkak
– mata dipejamkan saat siang hari
– terdapat cacing putih tipis seperti rambut

Bila keempat ciri utama tersebut ada pada mata ayam bangkok anda sudah dapat dipastikan terkena infeksi cacing. Pengobatannya dapat dilakukan dengan membuat air perasan dari daun tembakau. Daun tembakau memiliki manfaat dan khasiat yang ampuh untuk mata ayam. Teteskan air perasaan daun tembakau sebanyak 2-3 tetes setiap hari. Dalam 2-3 hari kedepan maka cacing cacing pada mata ayam akan keluar perlahan dari mata si ayam.

2. Terinfeksi Virus
Mata ayam juga dapat terinfeksi oleh virus dan bakteri dan ini adalah penyakit sabung ayam yang sering ditemukan pada saat musim pancaroba. Ciri-ciri utamanya adalah:
– Berair
– Bengkak
– Merah
– Terlihat sayu

Jika mata ayam anda terlihat seperti ciri ciri tersebut segera pisahkan ayam anda ke kandang yang lain. Ayam yang terinfeksi virus pada matanya dapat menular dengan ayam yang sehat, oleh karena itu ayam yang terinfeksi harus dikarantina. Selama dikarantina ayam harus diberikan obat tetes mata untuk mempercepat penyembuhannya.

Untuk mengobatinya bisa berikan air perasan daun katuk, meniran atau daun sirih. Berikan tetesan perasan tersebut setip pagi dan malam. Jika anda ingin menggunakan obat yang instan, bisa juga dengan memberikan obat tetes mata manusia seperti insto atau rohto sebagai obat mata ayam. Cukup berikan 2-3 tetes ke mata ayam setiap pagi dan malam.

Jika mata ayam bangkok yang dialami sudah terlihat parah, maka anda bisa berikan obat khusus mata ayam seperti Eye Chick yang dapat dibeli di ploutry terdekat di kota anda. Perlu diperhatikan bahwa obat mata Eye Chick memiliki kandungan kimia yang lebih tinggi dibanding anda membuat obat alami sendiri.

3. Terkena Jalu
Untuk sabung ayam yang terkena gangguan fisik seprti terkena jalu hingga menyebabkan mata luka, robek, atau bahkan pecah karena saat diadu maka jenis obat yang digunakan tentu berbeda.

Menurut beberapa botoh tua yang sudah lama penghobi ayam, luka tersebut dapat disembuhkan dengan getah daun kelor. Caranya adalah dengan teteskan getah tanaman daun kelor yang bewarna putih ke mata ayam. Cukup sebanya 1-2 tetes sampai kira kira getah tersebut sudah terserap ke dalam mata ayam bangkok anda.

Jika sudah diteteskan getah daun kelor, tutup mata ayam bangkok anda dengan daun kelor dan tutup selama 1 hari. Pada besok harinya jika mata ayam bangkok masih dalam keadaan bengkak, maka anda bisa mengulangi kembali pengobatannya. Namun biasanya untuk ayam bangkok yang luka karena jalu, satu kali pengobatan sudah cukup hingga mata ayam sembuh.

Untuk macam penyakit pada mata sabung ayam tersebut sudah pernah di alami oleh botoh terkenal, dan cara penanganannya sudah dibutikan sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Obat Mata Ayam Bangkok Yang Cacingan, Mata Merah, dan Kena Pukul yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *