Nenek Moyang Ayam Punya Ekor Sepanjang 27 Meter

SABUNG AYAM ONLINE – Nenek Moyang Ayam Punya Ekor Sepanjang 27 Meter , Ayam Phoenix adalah keturunan dekat dari ayam Onagadori dan merupakan hasil dari upaya para peternak Eropa untuk mempertahankan ayam ekor panjang dari sedikitnya populasi ayam Onagadori yg di import dari Jepang. Ayam Phoenix adalah ayam yang mengalami mabung pada setiap tahun dan cenderung memiliki bentuk yang lebar dan bulu yang lebih keras , panjang bulu ekornya mampu mencapai panjang 12 sampai 27 meter. Panjang tersebut dapat dicapai dengan pemilihan gen terbaik.

Berbeda dengan ekor ayam Onagadori yang panjang dan ikal, ayam Phoenix memiliki ekor yang panjang namun lurus, bukan ikal. Ciri lain yang membedakan adalah kepala terlihat pipih kecil selain itu pada umumnya kaki ayam phoenix berwarna abu-abu gelap. Ayam Phoenix dapat ditemui dalam berbagai ragam warna bulu seperti warna hitam, hitam kemerahan, putih kehijauan, ataupun warna putih.
Ayam Phoenix sudah banyak dikembangkan di negara-negara lain, salah satunya Indonesia. Namun, masuknya ayam Phoenix ke Indonesia belum terlalu lama, maka tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang belum begitu mengetahui dan mengenal ayam ini. Ayam Phoenix juga telah ditemukan di Amerika sejak sebelum tahun 1924 dan oleh FL Sewell di Michigan telah memelihara ayam phoenix selama bertahun-tahun.

Nenek Moyang Ayam Punya Ekor Sepanjang 27 Meter
Image result for ayam phoenix

Karena memiliki ekor yang panjang, tentunya Phoenix membutuhkan kandang yang cukup luas. Biasanya, luas ukuran kandang yang dapat digunakan untuk pembuatan kandang Phoenix sekitar 2 x 3 meter, dapat diisi satu ekor ayam jantan dan beberapa ekor ayam betina di dalam kandang tersebut. Juga disediakan batang kayu, karena akan digunakan sebagai tempat bertengger ayam Phoenix.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat memelihara ayam hias ini ialah mengusahakan bahwa kandangnya jauh dari hal-hal atau benda-benda yang dapat mengganggu kenyamanan dan keindahan ekornya.

Ayam Phoenix memiliki penampilan aktif bergerak dan  merupakan jenis ayam yang produktif, akan tetapi ayam phoenix membutuhkan protein ekstra terutrama pada waktu ekornya akan tumbuh. Pada umumnya Ayam Phoenix akan memiliki pertumbuhan yang baik ketika mereka diberi banyak kebebasan. Selain itu, pemberian suplemen juga dapat memperkuat ekornya yang mudah rontok pada saat masa reproduksi. Ayam harus diberi minum air yang sudah dimasak, dan setiap hari harus diganti. Dapat juga ditambahkan vitamin seperti vitamin C dan vitamin B kompleks untuk menjaga kondisi Phoenix tetap baik.

 

 

By BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *