Nenek Moyang Ayam Peliharaan ; Ayam Hutan Merah

Sabung Ayam Online – Nenek Moyang Ayam Peliharaan ; Ayam Hutan Merah Dalam dunia ilmu pengetahuan ayam hutan digolongkan dalam suku Phasianidae. Kelompok  jenis unggas berbadan besar yang menghabiskan waktunya di permukaan tanah.  Dan pada saat musim berbiak, pejantan merupakan ayam yang berbulu sangat indah berlenggak-lenggok untuk memperlihatkan keindahan bulunya. Sebaliknya, betina selalu identik berwarna suram akan terpikat dengan mudahnya.

Merupakan sejenis burung yang dalam istilah latinnya adalah  familia Phasianidae termasuk hewan pemiliki suara yang nyaring dan merdu. Dilengkapi kaki bertaji runcing yang berfungsi mengais makanan dipermukaan tanah atau untuk bertarung dalam perebutan sang betina.
Kerabat dekat ayam hutan ini meliputi: burung Puyuh, Sempidan, Kuau dan Merak. Saat senja jantan dan betina yang tidak sedang mengeram telur akan terbang ke atas pohon untuk tidur. Sedangkan jantan dan betina yang sedang mengerami telurnya akan diatas tanah atau berada didalam sarang yang dibangun dari ranting dan daun-daun.

Bentuk tubuh Ayam hutan jantan berbeda dengan betinanya, sebab sebagai daya pemikatnya sang jantan mempunyai bentuk tubuh yang dilengkapi warna bulu dan ornamen untuk memikat betinanya. Ayam hutan dilengkapi jengger yang beraneka rupa bagai mahkota raja. Untuk bulu di leher, serta dipunggung dan sayap tumbuh memanjang dengan beberapa kombinasi warna merah, kuning dan hijau yang cerah, dan sebaliknya warna gelap yang berkilauan mendominasi bagian bawah tubuh. Bulu di ekor berwarna gelap dan terbentuk sangat rapi dengan deretan bulu besar yang tersusun. Dan ada dua bulu sangat panjang serta melengkung berbentuk seperti bulan sabit terlihat indah berada di puncak ekor.

Nenek Moyang Ayam Peliharaan ; Ayam Hutan Merah / Red Junglefowl adalah jenis ayam liar yang paling dikenal. Kalimanta, Sulawesi , Nusa Tenggara merupakan daerah awalnya diperkenalkannya ayam hutan merah ini. Lalu menyebar hingga Sumatera, Jawa dan Bali. Habitat favorit ayam hutan merah adalah hutan  alam yang memiliki area semak terbuka.
Kesibukan ayam hutan merah setelah turun dari pohon segera sibuk mengais tanah dan serasah dedaunan untuk mencari makanan seperti serangga, buah segar, biji-bijian, pucuk rumput dan hewan kecil lainnya.

 

 

By BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *