Mengenal Ayam Hias Onagadori Dari Negara Matahari

AGEN SABUNG AYAM – Jepang, Terpikirkah anda jika ada unggas yang memiliki ekor sepanjang 20 kaki atau berkisar 10 meter? Para peternak dibarat daya negara matahari terbit ini telah membiakkan unggas ini semenjak tiga abad yang lalu. Ayam yang indah ini, berevolusi dari jenis ayam domestik biasa dan unggas ini berekor panjang biasanya berwarna hitam dan putih. Tetapi ada juga yang bewarnakan merah dan hitam atau keseluruhan badannya bewarna putih bersih. Pada dahulu orang Jepang sudah menamakan unggas ini dengan sebutan Onagadori dari “O” yang diartikan sebagai ekor, kata “naga” yang diartikan sebagai panjang dan kata “dori” yang diartikan sebagai unggas.

Unggas satu ini juga mempunyai arti bagi para penduduk setempat yaitu unggas paling terhormat, dan gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan terhadap seekor ayam di Jepang. Karena ayam satu ini termasuk ayam yang unik, maka pemerintah Jepang pun menjaga bahkan melestarikan sehingga termasuk sebagai unggas yang sangat dilindungi.

Menurut para masyarakat jepang percaya bahwa bagaimanapun jenis unggas ini terjadi karena hasil mutasi dari peternakan Shokoku pada jaman Edo pada tahun 1600 – 1868. Bahkan berdasarkan sejarah lisan yang menceritakan bahwasannya pangeran yang menguasai wilayah Yamanouchi di prefektur kochi yang berada pada semenanjung selatan shikoku ini memiliki pelindung kepala dan tombak dari para tentaranya dan dihiasi dengan bulu-bulu ayam yang panjang untuk acara-acara khusus dalam rangka menghormati kaisar Teno pada jaman nya. Ada kemungkinan asal muasal dari ayam onagadori ini hanya berasal dari sebuah peternakan yang berada di Shokoku.

Pengertian Onagadori atau ayam yang mempunyai ekor panjang ini masih banyak diperdebatkan di negara-negara barat. Tekechi Rieuemon dari Shinohara membuat sebuah terobosan besar dalam perkembangan biakan untuk jenis unggas satu ini, dikarenakan Onagadori dari periode ini disebut “Shinoharato” yang dalam beberapa waktu kemudian disebut dengan sebutan “Nagadori” yang kemudian disebut juga dengan sebutan “Tosa” sebagai refrensi ke provinsi dimana para unggas ini dikembang biakkan.

Bagaimana, apakah anda pernah melihat dan memeliharanya? demikian dengan artikel ini yang kami rangkum, semoga bermanfaat bagi para pehobi ayam hias. Terima Kasih

Salam Hobi, CR

Mengenal Ayam Hias Onagadori Dari Negara Matahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *