Melirik Tentang Misteri Darah Hitam dari Ayam Cemani

Sabung Ayam Online – Melirik Tentang Misteri Darah Hitam dari Ayam Cemani yang sekujur badan hingga jeroannya pun berwarna hitam 100% ini , darahnya juga berwarna hitam. Namun Apakah ini mitos atau fakta ??
Tak jarang Ayam Cemani ini dibandrol dengan harga fantastis hingga mencapai 25 juta rupiah per ekornya..

Ayam Cemani adalah unggas yang memang sudah dikenal sejak abad ke-15, dimana pada kala itu merupakan era keemasan di Kerajaan Majapahit. Dan pada saat itulah Cemani menjadi Ayam peliharaan dari keluarga kerajaan serta para bangsawan.
Pernah juga beberapa Media Cina mengklaim bahwa Ayam Cemani sudah dikenal dari abad ke -16 yang konon ceritanya gambaran Ayam Cemani tersebut sudah muncul dari beberapa teks kuno China. Ayam Cemani dalam dongeng China dianggap sebagai ayam yang menerima pil keabadian dari Lu Dongbin di puncak Tiger-Nose.

Namun jika dikutip dari sudut pandang lainnya, pada tahun 1298 – Marcopolo sendiri mendeskripsikan bahwa Cemani hanyalah sebagai ayam normal yang memiliki rambut seperti kucing, berwarna hitam , dan menghasilkan telur terbaik.

Disaat ini, Cerita yang paling diyakini di masyarakat Indonesia sendiri bawah Cemani berasal dari Kedu, Temanggung Jawa Tengah. Karena itulah ia disebut juga Ayam Kedu. Di Jawa Barat dipanggil Ayam Hideung. Sementara dunia internasional mengenalnya sebagai ‘Chicken Lamborghini.’

Melirik Tentang Misteri Darah Hitam dari Ayam Cemani ini pun konon sering dijadikan sesajen pada ritual-ritual mistis tertentu yang alhasil hal itu pun memperkuat kepercayaan masyarakat kita bahwa Misteri Tentang Darah Ayam Hitam Cemani identik dengan kekuatas magis. Tak luput juga ada hal positif dari Ayam Cemani yang diyakini membawa kedamaian, menambah rezeki, memudahkan jodoh, melariskan dagangan, dan mensuksesan negosiasi baik saat perang maupun konflik. Karena itulah Ayam Cemani menjadi buruan banyak orang.

Cemani juga dapat dibedakan berdasarkan kekuatan magisnya yaitu Cemani Widitra, Warastratama dan Kaikayi. Cemani Widitra mempunyai sapuan garis di leher, dada, paruh dan selangkangan , darahnya diyakini mempunyai kekuatan gendam asmara dan penolak bala (kekuatan jahat) dari makhluk halus. Kedua, Cemani Warastratama yang darahnya sering digunakan sebagai pelengkap upacara adat. Dan yang terakhir adalah Cemani Kaikayi yang memiliki ciri dengan bulu hitam dipadu biru laut, darah ayam jenis ini dipercaya bisa mengangkat santet.

Kembali kepada anda, apakah mempercayai ini sebagai mitos atau sebagai suatu fakta..

By BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *