Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan Serta Cara Membuatnya

SABUNG AYAM ONLINE – Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan Serta Cara Membuatnya, Perlu anda ketahui bahwa nama kemin ini di kenal dari bahasa Thailand (Khmin) yang artinya kunyit, akan tetapi di Thailand seringkali perawatan ayam menggunakan kemin sehingga menjadi populer, bahkan di Indonesia sendiri pun mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui kemin.

Kemin adalah salah satu racikan yang terbuat dari bahan utama kunyit yang di campur dengan beberapa bahan lainnya.

Membuat kemin dengan cara yang cukup mudah ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini :

-Campur kunyit dan kapur serta larutkan dalam air yang sudah jadi. -Membuat kemin langsung dapat di gunakan, kunyit yang sudah di bersihkan dengan cara di parut atau di haluskan kemudian di campur dengan kapur dan di tambah air sirih, setelah itu anda sudah langsung menggunakan.

-Namun ada beberapa cara yang lebih efesien adalah membuat dengan jumlah yang cukup untuk persediaan, sehingga waktu di perlukan anda hanya menggunakan tanpa harus di repotkan untuk membuatnya lagi.

-Kunyit yang sudah halus di jemur hingga kering, baru di tumbuk hingga menjadi bentuk bubuk, untuk mendapatkan bubuk yang halus di saring dan butirannya yang masih besar di tumbuk lagi sampai semuanya halus.

-Kunyit yang sudah halus dan kering di simpan, begitu ingin di gunakan anda hanya perlu mencampur dengan kapur, lalu di larutkan dengan menggunakan air sirih secukupnya.

-Perbandingan antara kunyit dan kapur adalah 1:1.

-Lebih praktis lagi jika bisa menggunakan kunyit instant yang sudah banyak di jual di supermarket, biasa untuk bumbu masak.

-Pemakaian kemin bisa di lakukan seminggu dua kali, pemberian kemin sebaiknya di lakukan setelah ayam di mandikan dan sebelum di jemur.

-Caranya larutan kemin di oleskan dengan menggunakan kain atau spon secara merata di permukaan kulit ayam, mulai muka hingga dibawah bulu badan, sayap dan kaki.

-Saat anda ingin mencoba mengoleskan kemin jika bisa jangan sampai berlepotan bahkan kalau bisa hindarilah kemin mengenai bulu ayam, terutama bulu ayam bagian luar
agar tidak kusam yang bisa mempengaruhi penampilan.

Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan Dan Cara Menggunakannya :

1. Mempertebal kulit badan ayam
2.Membersihkan kotoran dan bakteri di sekitar kulit badan ayam
3. melarutkan sekaligus membersihkan lemak yang menempel pada kulit dan bulu halus

Cara penggunaan kemin ini dengan mengoleskan kebagian permukaan kulit, sehingga bakteri yang ada pada kulit ayam, pada umumnya tidak bisa di hilangkan dengan air biasa namun dengan adanya kemin ini pun dapat membersihkannya dengan sempurna.

Jika ayam yang di mandikan dengan kemin kemudian ayam di jemur, maka secara otomatis lemak yang menempel pada kulitnya tadi pun secara perlahan lahan akan terbakar.

– Mempermudah sirkulasi udara pada bulu ayam
– Agar lebih sehat dan menyuburkan bulu
– Dapat membantu dan mempermudah suplai O2 yang akan di simpan pada rongga udara badan ayam
– Bisa membantu untuk mengstabilkan suhu badan ayam aduan.

Lalu bagaimana dengan ayam yang tidak memiliki kelenjar kulit? nah, maka dari itu apabila suhu badan ayam sudah mulai meningkat maka badan ayam tersebut akan semakin mulai terasa panas, manfaatnya seperti yang ada di bawah ini :

– Membantu sekaligus menstabilkan proses pernafasan pada ayam
– Membantu untuk mempermudah proses ngairi ayam
– Agar menghindari dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

Alangkah lebih baiknya jika penggunaan kemin ini di lakukan pada pagi hari, setelah di kemin kemudian ayam langsung di jemur. Penggunaannya juga cukup mudah yang terpenting anda tidak takut kotor.

Cukup oleskan saja kemin ini pada seluruh bagian tubuhnya tanpa mengenai sayap kulit, terkecuali sayap bagian bawah boleh di olesin dengan kemin ini.

Nah, bagi anda yang binggung menggunakan alat apa untuk mengoles kemin ini pada badan ayam. Cukup mudah anda bisa mengambil spon ataupun sikat gigi.

Demikianlah artikel di atas mengenai “Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan Serta Cara Membuatnya” semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk menyalurkan hobi pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia, sekian dan terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *