Manfaat Cacing Tanah Bagi Ayam Laga

SABUNG AYAM ONLINE – Manfaat Cacing Tanah Bagi Ayam Laga . Tenaga ayam laga yang hebat akan lebih mudah mendapatkan kemenangan dalam mengadu ayam jago, begitu pun sebaliknya. Karena tenaga ayam laga yang sedikit akan mengakibatkan ayam mudah merasakan letih yang akhirnya gerakan ayam lagapun akan menjadi semakin lambat. Baik dalam refleks untuk menghindar dari pukulan lawan ataupun ayam sedang memeberikan pukulan.Disamping itu perawatan yang top, ayam juga membutuhkan tambahan makanan dan multivitamin agar dapat memperoleh kebugaran tubuh serta stamina yang bagus. Agar dapat memperoleh hasil ayam laga yang membutuhkan tenaga serta stamina yang bagus, harusnya ayam memperoleh perawatan rutin seta selalu mendapat gizi tambahan yang cocok untuk hari diadu nantinya. Untuk jenis perawatannya.

Setelah ayam laga secara rutin memperoleh perawatan, ayam pun membutuhkan makanan untuk membangun serta sebagai cadangan tenaga jika diperlukan ayam sewaktu dilaga. Untuk jenis makanannya ayam dapat disuguhi makanan jenis beras merah. Tetapi pada awalnya makanan seperti beras merah, jagung dan serta gabah itupun boleh diberikan sesuai dengan cuaca dilingkungannya, sebab pemberian makanan yang tidak cocok akan berefek pada stamina ayam itu. Seperti pada suhu cuaca yang dingin ayam diberikan makanan jagung maka otomatis ayam akan mengalami penuaan bulu serta akan mudah ayam berganti bulu dalam bahasa jawa ayam akan sulam, sehingga disaat waktu ayam mengalami sulam tersebut ayam itupun akan memiliki stamina yang jelek. Untuk itu makanan ayam laga untuk suhu lingkungan yang tidak terlalu dingin dapat diberikan makan beras merah.

Setelah ayam telah mendapatkan makanan yang mencukupi kebutuhannya, agar mendapatkan ayam laga dengan pukulan berisi dan kuat, ayam dapat diberikan makanan tambahan seperti diantaranya ayam bisa diberi makan cacing tanah.

Cacing tanah merupakan jenis makanan ayam laga yang mengandung protein yang sangat baik untuk diserap ayam laga sewaktu ayam akan dilaga. Sebab ayam laga ketika laga pada laga ketiga serta seterusnya ayam akan kehabisan sumber tenaga yang diperoleh dari karbohidrat dari dalam tubuh yang dimana akhirnya ayam akan menghisap protein dalam tubuh sebagai tambahan tenaga. Cacing tanah merupakan makanan yang bagus untuk diekstrak dalam tubuh ayam, karena mengandung protein yang sangat tinggi.

Disamping mempunyai protein yang tinggi, cacing tanah pun mengandung taurin yang dapat meningkatkan proses metabolisme lemak yang pada akhirnya di ubah menjadi ATP atau energy. Efek itu berlaku bagi semua makhluk termasuk bagi ayam laga yang sedang bertarung di arena.

Adapun kandungan dari cacing tanah itu mengandung asam amino dan juga protein sebesar 76%. disampung itu juga terkandung seperti asam amino sebanyak 17%, karbohidrat 45%, serta kandungan lemak dan abu yang hanya 1,5%.

Tidak hanya disitu manfaat cacing tanah, ternyata terdapat manfaat lain, yaitu :

1. Obat mencret. Diare/mencret merupakan penyakit yang sering di temukan oleh peternak maupun penghobi ayam aduan. Cacing tanah sebagai salah satu obat tradisional yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Sifat cacing tanah menjadi antibakteri bagi bakteri E.Coli dan shigella yang menjadi penyebab utama diare/mencret pada ayam.
.
2. Melancarkan peredaran darah. Cacing tanah mempunyai enzim yang dapat untuk menghancurkan lemak jahat di system peredaran darah. Sehingga sistem peredaran darah si ayam akan menjadi lebih bugar.
.
3. Melancarkan pencernaan. Cacing tanah seperti kita ketahui mengandung amat banyak protein yang dapat membantu proses aktivitas biologis tubuh sang ayam khususnya membantu kekuatan saat melakukan pertandingan. Kandungan enzim, seluosa, dan katalisator yang diperlukan tubuh agar proses metabolisme banyak terdapat di dalam tubuh cacing tanah. Oleh karena itu secara tak langsung, cacing tanah dapat membantu melancarkan system pencernaan.

Adapun pemberian makanan cacing tanah itu dapat diberikan dalam dua kali dalam seminggu. Untuk porsinya ayam dapat diberi 2-4 ekor cacing tanah tergantung ukurannya, jika sebesar pensil cukup kita berikan 2 saja. Untuk cara pemberiannya: bersihkan dulu cacing tanah itu dari kotoran yang ada didalam perutnya kemudian lalu dipotong-potong kecil agar mudah ditelan oleh si ayam. Atau kalau cacingnya kecil bisa langsung dileburkan pada ayam. Faktanya jika ayam secara rutin diberi makan seperti diatas, sewaktu dilaga ayam akan mempunyai tenaga stabil dan tidak terlihat mudah capek hingga pada babak keempat stamina ayam masih stabil, jenis makanan itu juga berpengaruh pada beratnya pukulan ayam. Pukulan ayam lebih berbobot dan terlihat stabil.

Salam SABUNG AYAM ONLINE – ANGEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *