Jumlah Takaran Protein Yang Dibutuhkan Oleh Ayam

AGEN SABUNG AYAM – Protein diperlukan dalam pertumbuhan bagian tubuh ayam, menggantikan jaringan-jaringan tubuh yang rusak, dan juga untuk berproduksi. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi makanan serta kebutuhan protein terhadap ayam bibit.

Faktor tersebut antara lain :

– bangsa dan ukuran ayam

– temperatur keliling,

– sistemisasi perkandangan,

– ruang untuk tempat makan dan bergerak si ayam

– kedalaman tempat makanan yang dijalankan otomatis

– volume ruang untuk si ayam

– bagus atau tidaknya ketika ayam dipotong paruhnya (bila hasil potongan paruh belum rapih, sebelum ayam berusia 12 minggu dapat dilakukan pemotongan paruh ulang)

– kehigienisan dan kebersihan air minum si ayam

– kebersihan kandang ayam

– kandungan energi dalam ransum.

Jika semua faktor tadi dapat diatasi maka faktor yang umumnya mempengaruhi konsumsi makanan adalah sebagai berikut.

1) Ukuran dan bangsa ayam

Ayam yang berat (tipe berat)memakan makanan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayam yang berbobot badan kecil. Penyebabnya tidak lain karena ayam tipe berat lebih membutuhkan banyak energi serta protein untuk kesehari-hariannya.

2) Efek temperatur lingkungan

Memakan makanan di tempat bersuhu dingin lebih banyak jika dibandingkan dari tempat bersuhu panas. Dengan begitu, agar dapat memenuhi kebutuhan protein (gram) yang sama per hari jika di tempat bersuhu udara yang panas diperlukan protein yang lebih tinggi lagi.

3) Energi di dalam makanan

Ayam akan memenuhi energi sesuai dengan yang diperlukan. Bila energi di dalam ransum rendah, ayam akan makan lebih banyak. Begitu pula bila kandungan energi ransum tinggi, akan mengurangi jumlah makanannya.

4) Tahap produksi

Pada tahap produksi dengan kapasitas yang tinggi diperlukan tingkat konsumsi protein yang lebih tinggi pula sebab untuk membentuk telur juga diperlukan protein. Menurut Card dan Nesheim, sebuah telur mengandung paling tidak 12% protein. maka dengan demikian, telur sebesar 56 gram yang dihasilkan oleh ayam berusia 21—41 minggu mengandung 6,7 gram protein.

Telur sebesar 62 gram yang dihasilkanoleh ayam berumur 42—75 minggu mengandung 7,4 gram protein. Protein kasar yang diperlukan untuk ayam tergantung pada fase hidup ayam.Disamping persentase total kandungan protein di dalam makanan, perlu dinilai juga keseimbangan asam-asam amino yang membentuk protein tadi. Asam amino tersebut ada sebanyak 22 Macam , tetapi tidak semuanya jenis dapat disintesis di dalam pencernaan si ayam. Asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh ayam tadi dinamakan asam amino esensial. Agar memenuhi kebutuhannya, maka harus ditambahkan lewat ransum yang diberikan kepada ayam. Asam amino esensial tadi adalah arginin, lisin, histidin,metionin, treonin, leusin, isoleusin, valin, triptofan, dan fenilalanin.

Agar dapat menjaga keseimbangan asam-asam amino tadi, penyusunan ransum dianjurkan lebih baik terdiri dari berbagai macam bahan baku. Dengan begitu, kekurangan suatu asam amino dapat ditutup dengan asam amino yang diperoleh dari bahan lain.

SALAM ANGEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *