Jenis Kandang Khusus Ayam Bangkok

AGEN SABUNG AYAM – Kandang merupakan suatu sarana vital yang dapat menunjang keberhasilan budidaya ayam bangkok. Serta tanpa kandang yang baik, ayam yang telah dibesarkan akan gampang terserang penyakit, dicuri, ataupun mengalami masalah-masalah lain. Adapun dalam proses breeding, kandang juga berfungsi sebagai tempat hidup anakan ayam bangkok yang nantinya masih berusia muda. Akan kami jelaskan dan semoga disimak!!. Mengenai bagaimana cara membuat kandang ayam bangkok , desain , syarat-syarat, dan juga ukurannya. Kandang Ayam Bangkok yang baik adalah kandang yang dapat menjadi tempat hidup yang nyaman bagi ayam bangkok dan juga mampu menghindarkan ayam yang dipelihara dari berbagai macam musibah. Dalam membuat kandang ayam bangkok yang baik, setidaknya dibutuhkan lokasi ideal yang memenuhi syarat-syarat tersebut:

1. Lokasi setidaknya berjarak minimal 5 meter dari rumah serta jauh dari kandang ayam yang lainnya (terutama kandang tempat budidaya ayam potong).

2. Kontur tanah datar serta memiliki pohon pelindung yang dapat mengubah sirkulasi udara dan intensitas sinar matahari ke dalam kandang.

3. Memiliki saluran air yang lancar sehingga ketika hujan air tidak menggenangi lingkungan sekitar.

4. Diprioritaskan lokasi yang banyak ditumbuhi rumput. Ayam akan menyukai rumput sebagai makanan pengganti serat.

5. Arah kandang menghadap ke sinar matahari pagi serta sejalur sesuai arah angin agar menghindari penularan penyakit dari luar.

6. Ada baiknya juga bila lokasi dipagari secara permanen dengan menggunakan semen serta batu bata. Jika anggarannya tidak ada, pagar dapat juga dibuat dari bambu atau kawat.

Setelah memahami syarat lokasi kandang ayam bangkok yang cocok,langkah selanjutnya akan kita bahas tentang jenis kandang ayam bangkok berikut lengkap dengan desain serta ukurannya. Mari disimak!

1. Kandang Umbaran
Kandang umbaran adalah kandang yang multifungsi. Kandang ini bisa digunakan sebagai kandang kawin, kandang umbaran, sekaligus juga dapat dipakai untuk kandang anakan usia 1,5-3 bulan. Kandang ini dibuat dengan ukuran ideal panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter. Alas kandang lebih baik berupa tanah yang dicampuri pasir. Alas yang begitu bermanfaat dalam membentuk struktur cakar dan jari-jarinya. Disamping itu tambahkan pula tenggeran dari kayu untuk tempat refreshingnya.

2. Kandang Postal
Kandang selanjutnya adalah kandang postal. Kandang dengan nomor dua di gambar diformulasikan bagi anak ayam yang baru saja menetas. Ukurannya lebih kecil dari kandang umbaran, yaitu panjang 1 meter, lebar 0,8 meter, serta tinggi 1 meter. Ukuran kandang postal yang begitu umumnya dapat menampung 10-15 anakan ayam. Dinding kandang ayam bangkok untuk postal dapat dibuat dari kawat serta dibagian dalamnya haruslah dilengkapi juga dengan pemanas yang terbuat dari bohlam. Alasnya dapat diberi sekam padi agar menjaga kelembaban serta diganti minimal 3 hari sekali.

3. Kandang Tidur
Kandang tidur dikhususkan untuk tidur di malam hari. Alas kandang ini ditinggikan dengan bentuk panggung minimal 1,5 meter dari permukaan untuk menghindari suhu tanah yang dingin saat malam. Gambar ke 3 menunjukan gambar ayam bangkok bertipe panggung. Anda dapat meniru strukturnya saat ketika membuat kandang ayam bangkok Anda. semua jenis kandang ayam di atas haruslah dilengkapi dengan wadah pakan serta air minum. Agar dapat bebas dari penyakit, kandang tersebut juga harus dijaga kelembabannya. Pemilihan bahan atap, pengaturan sirkulasi udara, dan juga sanitasi menjadi penting sebagai tahapan yang diperlukan agar menjaga kesehatan ayam bangkok dalam kurun waktu yang panjang. berikut ulasan mengenai jenis-jenis kandang ayam bangkok lengkap dengan desain, ukuran, serta juga gambarnya. Semoga dapat menginspirasi pembuatan kandang untuk usaha ternak ayam bangkok yang Anda rintis.

SALAM – ANGEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *