Jagung Bermanfaat Bagi Ayam Aduan

AGEN SABUNG AYAM – Jagung Bermanfaat Bagi Ayam AduanJagung termasuk dalam kelompok makanan pokok untuk ayam aduan karena bisa diberikan setiap hari atau makanan harian. Manfaat jagung sendiri untuk ayam aduan sangat banyak, hal ini karena kandungan karbohidrat komplek yang dimiliki jagung sangat baik bagi ayam pejantan maupun betina. Manfaat Jagung sebenarnya telah lama orang mengetahuinya, akan tetapi baru belakangan ini orang mulai memanfaatkanya untuk Kesehatan ataupun sebagai obat herbal.

Agen Sabung Ayam – Sejarah Persebaran Jagung

Petunjuk-petunjuk arkeologi mengarah pada budidaya jagung primitif di bagian selatan Meksiko, Amerika Tengah, sejak 7000 tahun lalu. Sisa-sisa tongkol jagung kuno yang ditemukan di Gua Guila Naquitz, Lembah Oaxaca berusia sekitar 6250 tahun. Tongkol utuh tertua ditemukan di gua-gua dekat Tehuacan, Puebla, Meksiko, berusia sekitar 3450 SM. Bangsa Olmek dan Maya ditengarai sudah membudidayakan di Seantero Amerika Tengah sejak 10.000 tahun yang lalu dan mengenal berbagai teknik pengolahan hasil. Teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7 000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4 000 tahun yang lalu. Pada saat inilah berkembang jagung yang beradaptasi dengan suhu rendah di kawasan Pegunungan Andes. Sejak 2500 SM, tanaman ini telah dikenal di berbagai penjuru Benua Amerika.

Jagung sendiri masuk Nusantara diperkirakan pada abad ke-16 oleh penjelajah Portugis. Akibat riwayat yang cukup tua ini, berbagai macam nama dipakai untuk menyebutnya. Kata “jagung” menurut Denys Lombard merupakan penyingkatan dari jawa agung, berarti “jewawut besar”. nama yang digunakan orang Jawa dan diadopsi ke dalam bahasa Melayu. Beberapa nama lokal adalah jagong (Sunda, Aceh, Batak, Ambon), jago (Bima), jhaghung (Madura), rigi (Nias), eyako (Enggano), wataru (Sumba), latung (Flores), fata (Solor), pena (Timor), gandung (Toraja), kastela (Halmahera), telo (Tidore), binthe atau binde (Gorontalo dan Buol), dan barelle´ (Bugis). Di kawasan timur Indonesia juga dipakai luas istilah milu, yang nyata-nyata merupakan adaptasi dari kata milho, berarti “jagung”, dalam bahasa Portugis.

Agen Sabung Ayam – Kandungan Gizi Dalam Jagung

Agen Sabung Ayam – Manfaat Bagi Ayam Aduan

Manfaat jagung untuk ayam aduan sangat banyak. hal ini karena kandungan karbohidrat komplek yang dimiliki jagung sangat baik bagi ayam aduan. Berikut beberapa kandungan dan manfaat pakan jagung untuk ayam aduan :

  • Meningkatkan Sistem Pencernaan
  • Memperkuat Tulang
  • Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
  • Meningkatkan Berat Badan

Itulah Jagung Bermanfaat Bagi Ayam Aduan kesayangan anda. Dengan demikian, jagung dapat menjadi makanan pokok yang kaya akan manfaat. Sekian, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Salam Hobi, CR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *