Fungsi Keong Mas Bagi Ayam Laga

SABUNG AYAM ONLINE – Memelihara ayam laga dari anakan sampai tumbuh besar membutuhkan makanan yang seimbang sesuai dengan umurnya supaya masukan gizi dan zat-zat lain yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ayam bangkok tercukupi. Makanan ayam bangkok yang baik harus memenuhi kandungan nutrisi yang pas seperti karbohidrat, protein, lemak, hijauan, vitamin dan mineral dimana itu sangat berguna untuk ayam bangkok.

Hal yang penting serta bisa untuk diperhitungkan dalam beternak ayam aduan bangkok adalah dari segi biaya makanan ternak ayam bangkok. meminimalisir biaya makanan haruslah dilakukan, dikarenakan ayam bangkok yang tumbuh serta berkembang semakin lama semakin banyak kebutuhan pakannya. Maka dibutuhkan sebuah alternatif makanan yang murah.
Hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi para pecinta, penghobi dan peternak ayam aduan bangkok ini karena dapat menghemat atau mengurangi dana yang dikeluarkan setiap bulannya. Adapun cara yang dapat dilakukan contohnya penambahan campuran makanan alternatif ke dalam pakannya.

Makanan ternak ayam bangkok alternatif yang dibahas disini yaitu dengan memanfaatkan keong mas didalam campuran makanan ternak ayam aduan. Keong mas adalah makanan campuran sebagai sumber protein yang murah. Disamping itu, keong mas ini gampang ditemukan karena banyak terdapat di sekitar kita serta mengandung protein yang tinggi. Dari sumber yang ada diketahui bahwasannya kandungan protein bisa mencapai 16-50 persen. Selain itu keong mas juga kaya akan kalsium. Keong mas juga dapat dijadikan tepung. Setelah direbus, dijemur dan digiling terlebih dahulu, lalu dicampur dengan dedak padi dan menir dengan perbandingan masing-masing 3,4 persen, 73,3 persen, dan 23,3 persen. Penggunaan tepung yang berasal dari rumah keong mas ternyata memberikan nilai pertumbuhan yang bagus.

Adapun yang dapat dilakukan dalam pemberian campuran makanan ini contohnya adalah pada waktu ayam berusia 3 bulan. Voer dicampur dengan tepung dari keong mas ini dapat melalui komposisi 50%-50%, dan pemberian ini dapat dilakukan sampai ayam bangkok berusia 6 bulan. Setelah umur 6 bulan, lalu diberikan makan menggunakan voer 594 agar ayam menjadi makin berisi dan membuat bulu menjadi lebih bagus.

Masalah yang ada dalam menggunakan makanan ternak ayam bangkok seperti ini merupakan sulitnya menyesuaikan ayam dengan makanan ini. Di awal pemberian terkadang agak sulit dilakukan. Tetapi dengan tidak memberi pakan selain pakan yang kita buat ini, suatu saat nantinya ayam laga juga akan terbiasa dengan pakan campuran yang dibuat tadi.

BY ANGEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *