Fakta Ayam Bangkok Gombong, Ayam Khas Indonesia Yang Mendunia

Gombong merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kecamatan Gobong tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta sabung ayam. Sejak lama kecamatan ini sudah dikenal penghasil ayam bangkok kualitas juara di arena sabung ayam. Seluruh hasil produksi peternak ayam bangkok Gombong telah dibuktikan kualitasnya dan sudah menyebar keseluruh belahan nusantara Indonesia.

Popularitas ayam bangkok gombong memiliki fakta tersendiri bagi para penghobi sabung ayam. Berikut ini adalah fakta fakta unik mengenai ayam bangkok gombong:
1. Sejarah Emas
Dalam dunia perayaman nasional, ayam bangkok gombong memiliki catatan emas tersendiri. Sejak tahun 70-an, para pecinta hobi sabung ayam mencari bibit anakan ayam bangkok ini karena sudah teruji unggul dalam setiap aduan. Lim Tiong Huat warga kecamatan Gombong berdarah Tionghoa yang mulai beternak ayam aduan isitimewa. Dimulai dengan beternak ayam bangkok asli dari Thailand dan Vietnam, ia lalu melakukan ekspansi dengan ayam bangkok jagoan di Gombong. Kini pecampuran kedua ayam tersebut menjadi incaran para setiap botoh.

2. Berkelas
Selain memiliki catatan emas, kualitas ayam bangkok juga memiliki kelas tersendiri. Ayam bangkok gombong dibagi berdasarkan kualitasnya, ada kualitas dengan kelas ayam homong baik, kelas istimewa dan kelas super. Harganya pun beragam sesuai kualitasnya. Harga ayam bangkok gombong dipatok mulai dari 200 ribu hingga ratusan juta rupiah tergantung kelasnya.

3. Ayam Pukul
Mayoritas ayam bangkok yang diternak di kecamatan Gombong ini adalah tipe ayam pukul. Kekuatan utamanya adalah dengan pukulan keras yang dapat menumbangkan lawan dengan segera. Pukulan keras tersebut ditopang dari bentuk tulang dan otot yang besar. Selain pukulannya, ayam ini juga dapat menjatuhkan mental lawannya saat sedang ditandingkan di arena sabung ayam.

4. Pakan dan Perawatan Murah
Ayam bangkok dengan tipe pukul memiliki pola makan yang sederhana. Cukup berikan jagung pipil yang dicampur dengan pur sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Pemberiannya juga hanya cukup sekali dalam sehari yaitu sore hari. Pola makan ayam bangkok ini dapat bertahan sepanjang waktu.

5. Permintaan Tinggi
Selain berkualitas tinggi, ayam bangkok gombong yang terkenal hingga seluruh nusantara membuat harga permintannya menjadi sangat tinggi. Mulai dari Jawa dan Sumatera, permintaan ayam bangkok gombong tidak pernah sepi sehingga pasokannya juga diterima secara berkala. Bahkan saat musim lebaran tiba, permintaannya bisa melonjak tajam hingga 300 persen. Biasanya para pemudik dari jakarta akan singgah ke gombong kebumen untuk membeli ayam bangkok gombong untuk dibeli sebagai bibit dikampungnya.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Fakta Ayam Bangkok Gombong, Ayam Khas Indonesia Yang Mendunia yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *