Daun Jambu Biji Juga Bermanfaat Bagi Ayam Aduan

AGEN SABUNG AYAM – Rupanya Daun Jambu Biji Juga Bermanfaat Bagi Ayam Aduan Di Kehidupan Sehari-hari, Para sobat penghobi ayam laga pasti sudah sangat mengenal dengan buah yang satu ini, rasanya yang manis jika sudah matang dan tanaman ini mudah ditemui di berbagai tempat di lingkungan sekitar kita. Karena pohon jambu biji ini biasa tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia, bahkan pohon jambu biji bisa tumbuh dengan baik tanpa perawatan khusus dan juga sering tumbuh di alam liar tanpa ada sentuhan dari tangan manusia, bahkan penyebaran tumbuh di alam liar disebabkan biji dibawa oleh burung atau hewan lain dan jatuh akhirnya tumbuh menjadi tanaman baru.

Selama ini mungkin kita melihat jambu biji biasa-biasa saja sebagai tanaman yang tumbuh liar di ladang ataupun bisa dijumpai di kebun, tetapi dibalik semua itu ternyata buah jambu biji juga daunnya memiliki banyak kandungan dan manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Bukan hanya untuk manusia, daun jambu biji juga bisa bermanfaat bagi ayam aduan.

Salah satu bagian tanaman jambu biji selain buahnya yang kaya akan manfaat adalah pada daun jambu biji. Daun buah jambu biji kaya akan manfaat, karena didalam daun jambu biji terkandung banyak kandungan positif. Banyak produsen pada bidang farmasi yang menggunakan ekstrak pada daun jambu biji untuk mengobati berbagai jenis penyakit hewan ternak. Lantas, kandungan positif apa sajakah yang terkandung di dalam daun jambu biji.? Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji.

Agen Sabung Ayam – Kandungan Gizi Dalam Daun Jambu Biji

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji :

  1. Serat diet 5.4 g 14%
  2. Air 86 gram
  3. Besi 0,26 mg 3%
  4. Crypto-xanthin-ß 0 mcg
  5. Elektrolit
  6. Energi 68 Kcal 3,5%
  7. Folates 49 mcg 12,5%
  8. Fosfor 11 mg 2%
  9. Thiamin 0,067 mg 5,5%
  10. Total Lemak 0,95 g 3%
  1. Vitamin A 624 IU 21%
  2. Vitamin C 228 mg 396%
  3. Vitamin E 0,73 mg 5%
  4. Vitamin K 2.6 mcg 2%
  5. Kalium 417 mg 9%
  6. Kalsium 18 mg 2%
  7. Karbohidrat 14,3 g 11,5%
  8. Kolesterol 0 mg 0%
  9. Lycopene 5204 mcg
  10. Magnesium 22 mg 5,5%
  1. Mangan 0,150 mg 6,5%
  2. Mineral
  3. Natrium 2 mg 0%
  4. Niacin 1,084 mg 7%
  5. Phyto-nutrisi
  6. Protein 2,55 g 5%
  7. Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
  8. Riboflavin 0,040 mg 3%
  9. Selenium 0.6 mcg 1%
  10. Seng 0,23 mg 2%
  1. ß-karoten 374 mcg
  2. Tembaga 0,230 mg 2,5%
  3. Asam pantotenat 0.451 mg 9%

Pada kandungan gizi yang diatas ini, yang paling menonjol terletak pada vitamin C nya. Karena diperkirakan jumlah dari hasil vitamin C pada daun jambu biji melebihi jumlah kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Daun Jambu Biji Juga Bermanfaat Bagi Ayam Aduan

Agen Sabung Ayam – Manfaat Konsumsi Bagi Ayam Aduan

Daun jambu biji ini juga kaya akan kandungan zat antioksidan, antibakteri, agen anti-inflamasi, tanin, serta membantu meredakan rasa sakit. Karena semua kandungan tersebut, daun buah jambu biji punya banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan ayam aduan. Mengenai apa saja manfaat daun buah jambu biji bagi kesehatan, disini kami sudah merangkum dan diuraikan kepada anda. Berikut ini beberapa manfaat daun biji bagi ayam aduan :

  • Obat Diare
    Daun buah jambu biji ini dapat mengobatin diare atau mencret pada ayam, karena dalam daun buah jambu biji terdapat kandungan serat dalam jumlah yang sangat tinggi. Cara Pengobatan yaitu ambil 2 samapi 3 lembar pada daun jambu biji yang masih muda dan sediakan garam yang secukupnya. Kemudian daun yang sudah disediakan tersebut dibersihkan terlebih dahulu agar higienis. Setelah itu tumbuk daun jambu biji dan di campur dengan garam, siap itu langsung suapkan pada ayam yang terkena diare atau mencret tersebut. Selain cara yang tadi, anda juga bisa mencampurkan tetesan air daun jambu biji ke dalam minuman ayam dan ditambahkan sedikit madu.
  • Anti Infeksi
    Para anda pencinta sabung ayam pasti sering mengadukan peliharaan dan sering mengakibatkan beberapa bekas luka. Disini lah yang ditakutkan akan diserangnya beberapa bakteri. Dengan daun jambu biji ini berperan untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka luar pada tubuh si ayam. Beberapa komponen ekstrak pada daun jambu biji memiliki sifat anti bakteri, sehingga mencegah terjangkit infeksi berbahaya pada luka kulit. Cara pengobatan yaitu dengan cara mengoleskan daun jambu biji yang sudah dihaluskan atau yang sudah ditumbuk pada bagian kulit tubuh ayam yang mengalami luka.
  • Antioksidan
    Pada daun jambu biji ini sangat kaya antioksidan kuat seperti vitamin C dan quercetin yang bisa menangkal radikal bebas, bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit yang melemahkan metabolisme pada tubuh si ayam aduan.

Demikian artikel diatas yang mengenai “Daun Jambu Biji Juga Bermanfaat Bagi Ayam Aduan”, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan para pehobi ayam aduan. Sekian dan terima kasih.

Salam Hobi, CR

Manfaat Konsumsi Bagi Ayam Aduan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *