Ciri Mengetahui Ayam Bangkok Yang Bagus Dari Bibit

AGEN SABUNG AYAM – Bagi yang hobi dengan breeding ayam bangkok, memahami cara buat memilih indukan yang terbaik adalah wajib. Seekor babon, adalah mesin yang utama dalam sebuah peternakan, dan khususnya adalah untuk urusan breeding, sering berperan yang lebih penting dari pada jago.

Memilih seeokor babon yang baik adalah hal yang tidak mudah, dan lebih sulit sekali daripada memilih jagoan yang baik. Seekor jago bisa saja dipilih dengan melihat langsung cara bertarungnya menghadapi berbagai tipe pada lawannya, tetapi seekor babon yang baik tidak begitu cukup demikian. Pada dalam perindukan ayam, telah dikenal dua jenis babon istimewa yaitu babon unggul dan juga babon cetak.

Image result for image ayam bangkok dan anaknya

Babon unggul salah satu adalah babon pilihan yang memiliki silsilah perindukan yang baik, struktur tulang yang bagus, bentuk badan yang cukup ideal (seperti botol) dan bisa menunjukkan teknik bertarungnya yang baik. Babon ini juga harus memiliki salah satu sifat dominan pada keturunan, sehingga anak-anak yang akan dihasilkan cenderung akan mewarisi kelebihan kepada sang induknya. Bahkan ketika dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun, anak yang yang akan dihasilkan akan cenderung ikut kepada sang induk dan bahkan lebih bagus daripada bapaknya. Babon unggul biasanya berasal dari galur yang murni.

Babon cetak salah satu adalah babon yang mempunyai kecenderungan resesif di dalam keturunan. Anak yang akan dihasilkan cenderung mirip atau bisa menjadi fotocopy dengan bapaknya. Seekor babon cetak yang terlihat cukup baik, harus menghasilkan anak yang terlihat jelek ketika jagonya jelek. Sebaliknya pula harus menghasilkan anak yang bagus ketika jagonya bagus. Jika babon cetak telah dikawinkan dengan jago yang jelek dan anaknya bagus, maka ia gugur di dalam kriteria babon cetak dan harganya akan menjadi turun.

Babon cetak bisa menjadi cetak fisik, cetak teknik, atau cetak di semuanya. Untuk uji pada cetak fisik, adalah dengan mengawinkan dengan berbeda bulu atau bentuk pada jengger yang beda. Seekor babon cetak yang berwarna hitam harus bisa menghasilkan anak yang berwarna putih ketika jagonya berwarna putih. Jika dikawinkan dengan bentuk ayam katai, maka anaknyapun harus ber ukuran kecil-kecil. Untuk uji cetak kepada teknik, harus dikawinkan dengan jago yang berteknik jelek, lalu dengan jago berteknik yang bagus. Seekor babon yang cetak dengan sempurna, harganya bisa akan menjadi amat mahal dan tidak realistis. Babon cetak bisa saja menjadi berasal dari galur murni (BK) maupun dengan campuran (F1 maupun F2) atau turunan yang sudah jauh.

BADAN NBOTOL OPO MBRONGKAL
Ayam bangkok jika dilihat langsung dari depan maupun dari samping juga memang memiliki penampilan sosok yang paling gagah dibanding ayam ras lain. Secara umum badannya akan terlihat tegap, dengan dada yang terlihat membusung dan otot paha yang cukup kokoh.

Tetapi memilih dengan salah satu bentuk badan yang ideal, tidaklah begitu cukup dengan hanya mengamati pada penampilannya. Mau tidak mau, badan seekor ayam harus bisa kita pegang supaya dapat buat mengetahui secara persis bagaimana bentuk pada badannya. Cara salah satu memegangnya adalah dengan meletakkan tangan pada samping kiri beserta kanan badan pada ayam, kedua jempol bersentuhan di punggung dan juga dua jari tengah saling bertemu di dada yang tepat pada pangkal paha di bagian depan. Bentuk ayam yang yang cukup ideal adalah bulat memanjang seperti botol dengan bagian dada yang yang melebar. Bentuk bulat seperti botol ini tidak juga tergantung dari ukuran ayam. Baik ayam bisa berpostur kecil maupun juga besar, tetap pegangannya akan mampu buat dirasa enak. Ayam yang pegangannya enak, biasanya akan memiliki teknik yang bertarung dengan baik dan gerakan yang cukup bagus.
Dalam kasus tertentu, ada juga bentuk badan seekor ayam yang agak menonjol pada tulang dada bawah sehingga pegangannya jadi mengganjal dan tidak merasa nyaman. Ayam ini bisa disebut dengan ayam bronggal. Sebenarnya teknik pertarungan ayam bronggal tidak begitu selalu jelek, dalam beberapa kasus malah memiliki kecenderungan pukulan yang cukup keras dan tahan pukul. Tetapi ayam bronggal jelas juga memiliki kerugian di dalam hal gandeng. Karena pegangannya yang cukup besar, seringkali harus menghadapi lawan yang ber ukuran di atasnya tetapi jatuhnya pada pegangan yang sama. Selain itu bentuk badan bronggal juga sangat membuat ayam relatif kalah gesit.
Badan bronggal adalah salah satu faktor genetik. Cara untuk supaya dapat menghindarinya adalah dengan mengawinkan jago bronggal yang memiliki teknik di dalam bertarung berkualitas dengan babon yang berbadan botol cukup sempurna dan ramping. Upaya lain yang menjadikan dapat dilakukan adalah salah satu dengan membuat tenggeran buat tidur bagi anak-anak ayam yang sejak kecil sudah bisa diidentifikasi akan menjadi berbadan bronggal. Cara tidur yang bertengger itu pula akan membuat tulang dada bawah bersentuhan dengan tenggeran yang akan menjadi membuatnya tidak terlalu berkembang menonjol.”Terima Kasih.“By (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *