Ciri-ciri Ayam Pakhoy Yang Bagus dan Asli

Sabung Ayam OnlineKecintaan para pehobi ayam seluruh dunia telah mendorong munculnya beragam jenis ayam petarung modern. Salah satu yang dewasa ini begitu terkenal dan digandrungi misalnya adalah ayam bangkok pakhoy. Bagi Anda yang belum pernah mendengar jenis ayam petarung yang satu ini , silakan simak pembahasan mengenai profil , keunggulan , ciri fisik dan kelemahannya ketika bertarung berikut ini.

Ayam Bangkok Pakhoy adalah salah satu generasi sabung ayam modern yang berasal dari sebuah daerah di Selatan Kota Bangkok , Thailand. Nama pakhoy sendiri sengaja diberikan pada ayam petarung satu ini untuk mengingatkan bahwa ayam ini sangat berbahaya. Pakhoy dalam bahasa Thailand berarti penumpas atau pembunuh setan. Istilah setan yang dimaksud dalam nama ini adalah sebutan untuk ayam birma yang pernah mengalahkan ayam bangkok super pada masa silam.

Ayam pakhoy tergolong ayam aduan yang mempunyai kemiripan bentuk fisik dengan ayam bangkok Thailand. Ayam pakhoy juga dikenal sebagai ayam aduan modern yang didesain dengan kawin silang dari beberapa darah untuk menciptakan ayam aduan yang mempunyai kecepatan dan akurasi pukulan yang bagus dalam rangka menyempurnakan teknik dari ayam bangkok yang dalam  masa sekarang teknik ayam klasik mengalami kesulitan dalam menghadapi ayam birma . Ayam pakhoy juga dikenal sebagai lawan yang cocok untuk menandingi keistimewaan ayam aduan birma , karena keduanya sama-sama mempunyai kecepatan dan akurasi pukulan yang sama.

Ayam Pakhoy adalah ayam aduan dari Malaysia yang dikawinkan dengan ayam aduan dari Myanmar , Thailand dan Brazil sehingga menghasilkan ayam aduan yang lebih sempurna  dari generasi sebelumnya. Ayam pakhoy  asli mempunyai kecepatan , semangat bertarung dan akurasi yang bagus sehingga dikenal sebagai ayam yang mampu mengalahkan ayam kecepatan ayam burma.

Di Indonesia , jenis ayam pakhoy tersebut oleh peternak sudah banyak disilangkan dengan ayam aduan lainnya sampai – sampai hampir tidak dapat dibedakan antara ayam pakhoy dengan ayam bangkok . Adapun cara untuk membedakan ayam pakhoy yang bagus / impor , perlu mengetahui ciri fisik dan teknik dari ayam tersebut karena fisik dan teknik nya mempunyai ciri khas yang tidak memiliki oleh ayam aduan lainnya. Adapun untuk mengetahui atau memilih ayam pakhoy asli dan bagus tidak bisa dengan melihatnya saja karena ayam pakhoy tersebut sekilas nampak seperti ayam bangkok.

Adapun secara umum ciri – ciri teknik dan pukulan ayam pakhoy tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Ayam bangkok pakhoy mempunyai teknik pukul cepat yang sering merapat ke badan lawan dengan gerakan lebih lincah dan cepat sebelum melepaskan pukulan.
  2. Ayam bangkok pakhoy mempunyai pukulan keras cenderung kearah badan dengan terlebih dahulu mematuk sekitar leher dan ada juga ayam pakhoy yang tengok cepat lalu melepaskan pukulan kearah leher.
  3. Ayam pakhoy sering melepaskan pukulan berulang ulang dengan habis-habisan / mati matian yang terkesan tidak memberikan kesempatan lawan untuk menguasainya.
  4. Mempunyai gerakan cepat dan menyesuaikan bahkan cepat mengimbangi teknik lawan yang sebagus apapun.
  5. Sering masuk sela sela dan menyulitkan pukulan lawan.
  6. Jika terdesak ayam pakhoy mematuk di semua bagian tubuh , baik bahu , bulu ataupun leher kemudian melepaskan pukulan kerasnya.

Kelebihan

Ayam rakitan dari Thailand bagian Selatan ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan ayam bangkok biasa. Kelebihannya tersebut antara lain gerakannya yang cepat sehingga memudahkan dirinya untuk berkelit dari pukulan lawan , langkahnya yang lincah sehingga memberikan peluang lebih besar untuk memutar , sudut tengokannya yang lebar memungkinkan kemengan saat mengalung leher lawan , serta pukulan nya sangat tajam dan panas. Selain memiliki kelebihan – kelebihan di atas , ayam bangkok pakhoy juga dikenal memiliki gaya bertanding yang urakan , cepat , dan mematikan. Tak jarang karena pukulan nya yang akurat , lawan-lawannya tunggang langgang pada menit-menit pertama pertandingan.

Karakter pertarungan

Karakter paling mudah untuk mengetahui jenis sabung ayam ini adalah gaya permainannya yang dominan mematuk punggung lawan dan memukul keras ke arah badan atau sayap. Karena gaya permainannya yang seperti ini , ia sering memperoleh sebutan sebagai ayam cangkul. Seiring dengan perkembangan nya , saat ini telah banyak turunan generasi dari ayam bangkok pakhoy inni memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelemahan

Meski memiliki banyak keunggulan , tak dipungkiri pula bahwa ayam bangkok pakhoy juga memiliki beberapa kelemahan. Adapun kelemahan utama dari ayam pakhoy ini adalah mentalnya yang kurang baik ketika bertanding terlalu lama. Pukulan nya yang lebih banyak mengarah ke arah badan juga membuat lawan memiliki kesempatan lebih banyak untuk menyerang.

Jika Anda memiliki sabung ayam ini , kelemahan – kelemahan ayam pakhoy tersebut perlu Anda perhatikan dengan seksama. Latihan mental sangat dperlukan untuk membuatnya lebih siap bertanding , sedangkan untuk pukulan , Anda dapat melatihnya dengan beberapa teknik dasar.

Nah demikian lah sekilas infonya tentang Ayam Pakhoy , ciri , kelebihan serta kelemahan nya yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi berguna bagi Anda semua. (WY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *