Ciri-Ciri Ayam Ayunai Pedaging Asli Papua dan Sejarahnya

Ciri-Ciri Ayam Ayunai Pedaging Asli Indonesia Dari Papua dan Sejarahnya

Sabung Ayam Online – Ciri-Ciri Ayam Ayunai Pedaging Asli Papua dan Sejarahnya. Jenis Sabung ayam aduan banyak, Ayam hias juga banyak. Bagaimana dengan ayam pedaging. Kali ini kami tim sabung ayam online akan membahas sedikit untuk anda tentang Ayam pedaging yang berasal dari Indonesia daerah Papua yaitu ayam Ayunai.

Ayam Ayunai adalah ayam asli Papua, Jenis ayam yang satu ini pasti hampir tidak pernah terdengar. Oleh para penggemar sabung ayam online. Ayam ayunai di papua di jadika sebagai ayam pedaging oleh masyarakat lokal di karenakan bert badan dari ayam ini sangat cocok untuk di jadikan ayam pedaging, Ayam ayunai lebih berat di bandingkan ayam Buras.

Salah satu keunikan pada jenis ayam ini adalah, tidak memiliki rambut alias botak dari leher hingga kepala dan hanya menyisakan sedikit bulu di bagian tertentu. Perkembangan ayam ayunai ini hanya ada di daerah Jayapura kabupaten Merauke. Ternak dari jenisayam ini hanya ada di daerah desa Besum dan Skamato.

Populasi dari jenis ayam yang satu ini memang belum terlalu banyak karena hanya ada di Indonesia saja dan penyebarannya tidak terlalu luas dan juga tidak banyak yang mengetahui.

Fakta yang sebenarnya tentang ayam ayunai adalah jenis ayam ini salah satu keturunan jenis aya Buras. Namun di karenakan badanya yang besar dan cenerung jauh berbeda dari ayam buras maka ayam ini sangat banyak di jadikan bibit ayam aduan. Karena ayam ini cukup Agresif.

Namun jenis ayam yang satu ini juga memiliki kelemahan yaitu mudah terkena virus. Dan virus yang paling sering menghinggap adalah virus cacing mata. Namun penanganan dapat di temukan dengan mudah oleh masyarakat setempat. yaitu dengan memberikan obat tradisional seperti menggunakan air daun teh ke mata ayam yang mengalami virus cacing mata.

Ciri-Ciri Ayam Ayunai Pedaging Asli Papua :

Memiliki badan besar dengan ukuran berbeda dari jenis ayam lainnya
Varian warna lebih banyak di bandingnkan dengan jenis ayam lainnya
Untuk kulitnya memiliki warna putih kemerah-merahan seperti jenis ayam pedaging
Jenggernya berwarna putih kemerah-merahan dan berukuran besar
Paruh dan kaki berwarna putih dengan kelir kehitam-hitaman
Untuk ayam betina dapat bertelur hiingga 12-14 butir/periode
Ukuran berat dari ayam jantan adalah 3-3,5 kg dan untuk ukuran berat badan betina 2-3 kg

Demikianlah artikel yang bisa kami tim sabung ayam online berikan tentang. Cara Ampuh Mengobati Penyakit Kulit Kurap Ayam Aduan. Yang berhasil kami tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam OnlineMaster303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *