Ciri Ayam Birma Asli dan Terbaik

Agen Sabung Ayam – Ciri ayam birma asli dan terbaik mempunyai kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan ayam birma lokal hal itu bisa kita lihat dari akurasi pukulan dan daya tahan dalam menerima pukulan.


Ayam burma , ayam birma , ayam myanmar atau ayam pama adalah sebutan untuk ayam ayam liar (ayam kampung) dari negara Burma (Myanmar).

Ayam birma menjadi populer beberapa tahun belakangan ini karena ternyata memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam Thailand , ayam saigon Vietnam maupun ayam bangkok lokal.

Keunggulan unik yang dimiliki ayam birma ini membuatnya berpeluang mengalahkan ayam bangkok lokal , ayam Thailand dan ayam Vietnam , baik di Indonesia maupun di negara Thailand.

Terutama untuk ukuran yang relatif kecil karena ayam birma umumnya lebih kecil dibandingkan ayam aduan lainnya.

CIRI FISIK AYAM BIRMA ASLI
1Ayam birma asli (100%) memiliki bentuk dan ukuran yang tergolong kecil , yaitu antara 2 – 2,5 kg.

2. Ayam birma memiliki tulang yang relatif lebih kecil dan lebih tipis.
3. Wajah umumnya tampak seperti ayam siam kawinan ayam bangkok dengan ayam kampung , dimana kadang kuping telinga agak besar , kadang ada pial (jenggot) , mata kurang cekung , mata bulat , paruh lebih kecil , muka dan badan kurang kekar , dan warna bulu umumnya warna tanggung yang kurang matang.
4. Mata melotot , tampak seperti mata ayam yang ganas dan liar , lebih ganas dari ayam Thailand , saigon dan ayam bangkok.
5. Badan lebih banyak bulu , bulu sayap tebal/double dan panjang.
6. Ayam birma yang masih asli 100% masih ada tanda warna putih di kuping sebagai bukti ayam tersebut sebagai ayam liar.

Ciri Ayam Birma Asli dan Terbaik

Sekilas dari ciri fisik ayam birma , tidak ada tanda-tanda kehebatan dari ayam tersebut , kecuali matanya yang tampak melotot menandakan ayam tersebut ganas.

Kehebatan ayam birma sebetulnya pada teknik dan gaya tarungnya.

CIRI AYAM BIRMA HASIL KAWIN SILANG

Ukuran ayam birma yang kecil dan tulang yang tipis , merupakan suatu kelemahan yang membuatnya banyak dikawin silang dengan ayam Thailand atau ayam Vietnam maupun ayam bangkok.

Hasil kawin silang ayam birma juga memperbaiki warna bulu sehingga warna bulu lebih matang seperti ayam Thailand , ayam bangkok ayau ayam Vietnam. Namun kawin silang ayam birma dapat mengurangi keunggulan gaya tarung atau teknik ayam birma.

  • jika kawin silang ayam birma (75%) – thailand (25%) maka ukuran badan menjadi lebih besar tetapi masih dibawah 3 kg.
  • jika kawin silang ayam birma (50%) – thailand (50%) maka ukuran ayam dapat mencapai 3 kg , dengan tulang yang sudah lebih bagus.
  • jika kawin silang ayam birma ( 25%) – thailand (75%) maka ukuran ayam mencapai 3 kg ke atas dan ini sebetulnya sudah tergolong thailand upgrade karena lebih dominan ayam thailand daripada ayam birma.

Hati-hati jika Anda memilih ayam birma , karena hasil kawin silang ayam birma asli dengan ayam kampung mempunyai hasil yang bisa dikatakan mirip dengan ayam birma asli.

Semoga artikel ini membantu kita untuk dasar atau pengenalan awal terhadap ayam birma yang asli dan terbaik.

by WY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *