Cara Pintar Merawat Ayam Bangkok Dari Anakan

AGEN SABUNG AYAM – Cara Pintar Merawat Ayam Bangkok Dari Anakan. Pada umum nya sangat lah mudah untuk merawat anakan ayam bangkok untuk dijadikan ayam kebanggan bagi anda para pecinta ayam bangkok aduan, jika ingin mempunyai ayam yang  berkualitas yang sangat baik nantinya, selain dari faktor pakan sesuai standar ayam tersebut ada beberapa hal lain yang harus anda ketahui, teknik dan cara kita merawat anakan tersebut akan berpengaruh dengan pertumbuhan ayam itu sendiri hingga besar nanti.

Anak ayam pada umur 0-2 minggu adalah usia yang paling kritis untuk anakan ayam bangkok, karena anakan ayam belum memiliki bulu yang lengkap untuk melindungi dan menghangatkan tubuh dari kondisi cuaca di sekitar. Anak ayam juga sangat mudah terserang penyakit seperti berak kapur yang biasanya mematikan pada usia 0-10 hari untuk anakan ayam bangkok. Usia kritis dapat diperpanjang menjadi 3 minggu apabila saat musim hujan datang, pancaroba atau kota hujan seperti kota bogor. Karena jika anakan ayam yang sedang memasuki usia kritis, maka perawatan anakan ayam bangkok harus lebih instensif berikut penjelasan nya sbb ;

Pisahkan Anakan Ayam Dari Induknya ; Cara merawat ayam bangkok yang pertama adalah anda harus memisahkan anakan dengan induknya secepat mungkin, selain itu ada baik nya anakan ayam bangkok dipisahkan pada saat indukannya saat masih mengeram akan lebih baik dari pada anakan yang sudah dirawat oleh induknya untuk beberapa hari. Cara ini di lakukan selain akan lebih cepat belajar mandiri, dia akan belajar hidup dan tidak selalu menggantungkan hidup nya dari sang induk.

Siapkan Kandang Yang Tertutup ; Kandang yang anda bikin untuk anakan tersebut bisa berupa box atau kardus saja itu sudah cukup, akan tetapi jika untuk anak ayam yang sudah dewasa anda bisa membuat kandang yang lebih besar untuk mengumbar sekaligus temapat bermain untuk anakan ayam bangkok.

Berikan Pakan Murni 100% Pur ; untuk pemebrian pakan yang baik untuk anakan ayam adalah pur kering murni 100%. jika anda memberikan pakan dedak atau nasi itu akan membuat anakan ayam mudah kenyang, dan juga bisa memperlambat pertumbuhan tubuh anakan ayam. Jadi, lebih baik makan sedikit dengan pur 100% dari pada makan banyak tapi dengan pur campuran. Pakan khusus yang biasanya untuk anak ayam adalah DOC, yang berprotein 22-23% yang paling penting adalah makanan yang butirannya kecil kecil.

Beri Minuman Yang Bervitamin ; Untuk minuman harus selalu tersedia di dalam kandang anakan ayam dengan wadah khusus yang biasanya dibeli atau anda bisa membuat nya sendiri. Wadah yang tidak mudah untuk tumpah atau tida mudah diinjak oleh anakan ayam biar tetap bersih yaitu wada yang digantung. Jika wadahnya bagus maka air cukup diganti 3 hari sekali. Pada 3 hari pertama wadah cukup ditaruh dilantai agar anak ayam mudah utuk menjangkaunya, 3 hari selanjutnya jika ayam sudah mampu berdiri tegak  maka wadah bisa dinaikkan sedikit. Anak ayam bangkok juga sebaiknya diberi vitamin misalnya vitabro, vitachik, atau merek yang lainnya agar mempunyai daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit ataupun virus.

Perhatikan Pertumbuhan Anakan Ayam Bangkok ; Anakan ayam bangkok memanglah harus selalu dipantau dan di perhatikan dengan sangat khusus, anak ayam yang sehat bisa dilihat dari postur tubuhnya seperti yang gemuk, kaki besar, dan telapak kaki tebal. Ayam yang mempunyai tubuh yang kurus biasanya disebabkan oleh faktor kurangnya nafsu makan atau terserang penyakit. Nafsu makan yang turun bisa diatasi oleh vitamin agar anakan ayam bernafsu makan dan cepat tumbuh besar. Itulah beberapa cara merawat anakan ayam bangkok dengan baik dan benar semog bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki ayam kesayangan dari kecil sampai menjadi besar dan bisa di banggakan di kalangan pecinta ayam bangkok aduan. Terima Kasih

by ; an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *