Cara Menyembuhkan Berak Hijau Pada Ayam Bangkok Aduan

Sabung Ayam OnlineCara Menyembuhkan Berak Hijau Pada Ayam Bangkok Aduan. Jika ayam bangkok aduan anda mengalami berak hijau, itu adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang kapan saja pada ayam bangkok aduan anda, apa lagi di saat musim hujan hal ini akan sangat besar terjadi dan sangat menakutkan sekali bagi para pecinta ayam bangkok aduan, karena penyakit ini sangat membahayakan sekali untuk ayam bangkok aduan. Penyakit berak hijau ini biasa di sebut di kalangan pecinta sayam bangkok aduan dengan penyakit kolera, dan penyakit ini terjadi disebabkan oleh bakteri pasteurella multocida yang menyerang tubuh ayam bangkok aduan anda.

Penyakit Kolera ini sangat rentan menyerang ayam bangkok anda, jika ayam bangkok anda tinggal di lingkungan yang lembab, dengan lingkungan yang lembab ayam bangkok aduan anda bisa terkena bakteri tersebut, karena situasi atau lingkungan yang lembab bakteri akan mudah berkembang biak dengan cepat yang bisa menyerang ayam bangko aduan anda. Ada pun hal lain nya yang bisa juga menyebabkan penyakit kolera pada ayam bangkok anda yaitu kandang ayam bangkok anda sangat kotor tidak ada kebersihan menjadikan bakteri cepat berkembang dan akhirnya menyerang ayam bangkok anda.

Untuk mengetahui ayam bangkok anda terkena penyakit Kolera atau berak hijau, anda bisa lihat dari beberapa ciri-ciri yang anda bisa lihat dari perubahan yang terjadi pada ayam bangkok anda dengan ciri-ciri sbb ;

  • Keluar cairan dari mulut dan hidung pada ayam bangkok aduan anda.
  • Nafsu makan yang menurun.
  • Warna Jengger yang berubah menjadi keungunan.
  • Terjadinya pembengkakan pada bagian lutut sehingga ayam bangkok bisa mengalami kelumpuhan.

Untuk masalah penyakit Kolera atau berak hijau pada ayam bangkok anda bisa di obati dengan cara yang sangat khusus dan perhatian yang sangat ekstra, cara menyembuhkan berak hijau pada ayam bangkok aduan anda sbb ;

  • Pisahkan ayam bangkok yang sudah kena penyakit berak hijau dengan yang lain kalau bisa dikurung sendiri jauh dari ayam bangkok aduan lain nya (untuk menghindari penularan pada ayam bangkok lain).
  • Berikan makanan nasi atau makanan yang mudah di cerna oleh ayam bangkok, hindari makanan yang berasal dari voer atau bekatul karena makanan tersebut mudah busuk.
  • Bisa anda suntik dengan medoxy-L sesuai dosis dan penyuntikan diulangi dalam selang tiga hari. Atau bisa anda kasih obatnya tetraclore, obat tersebut bisa anda cari di pakan ternak terdekat rumah anda.

Dan untuk langkah selanjut nya anda bisa lakukan karantina pada ayam bangkok baik dibedakan dalam kandang masing-masing. Silahkan kasih obat baik itu bisa diberikan di suntikan atau melalui mulut ayam bangkok secara rutin sesuai dengan dosis yang benar. Setelah itu anda juga bisa berikan antiseptik pada kandang ayam bangkok anda yang sedang terkena penyakit Kolera dengan menyemprotkan antiseptik keseluruh kandang ayam bangkok.

by ; an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *