Cara Ampuh Mengobati Turun Urat Pada Ayam Bangkok

Penyakit turun urat pada ayam bangkok aduan merupakan salah satu penyakit yang cukup serius dan membutuhkan penanganan cepat dan extra karena penyakit ini dapat menganggu ayam bergerak bebas.

Ada 2 penyebab utama yang dapat membuat ayam bangkok anda turun urat, yaitu karena ayam diabar atau diadu saat usianya masih muda, dan juga terjadi benturan keras pada bagian kakinya.

Perhatikan ayam lawan yang akan di adu di arena sabung ayam. Jika ayam yang masih muda lalu diabar dengan lawan yang sudah tua maka tidaklah heran ayam muda akan mengalami turun urat. Struktur tulang dan otot-otot pada ayam yang masih muda belum terbentuk dengan sempurna. Jika diabar maka proses pertumbuhannya dapat terganggu. Namun jika ayam yang masih muda sudah terkena penyakit turun urat pengobatannya lebih muda dibanding yang terkena benturan keras.

Selain itu ayam bangkok juga bisa turun urat karena terkena benturan keras. Benturan yang keras ini bisa saja terjadi oleh kesalahan ayam itu sendiri. Sebagai contoh, ayam bangkok yang sudah memiliki cukup umur namun melakukan kesalahan dalam memukul pada saat diabar di arena sabung ayam atau bisa juga karena mendapat pukulan keras dari lawan yang tepat sasaran ke saraf.

Ciri-ciri utama turun urat pada ayam bangkok adalah:
1. Kaki ayam akan terasa panas
2. Ayam kesulitan berjalan (seperti menyeret atau mengangkat salah satu kakinya)
3. Ayam tidak mampu berdiri tegak
4. Berjalan agak pelan dan sedikit pincang
5. Kaki yang mengalami turun urat tidak mampu bertumpu di atas tanah

Untuk obat turun urat pada ayam bangkok sendiri dapat diobati dengan melakukan teknik perawatan yang berkelanjutan. Maksudnya disini adalah perawatan yang diberikan tidak dapat hanya dilakukan satu atau dua kali tapi perlu dilakukan berkali kali dan berkelanjutan. Obat yang digunakan juga berbahan alami yang dapat membantu penyembuhan dari dalam tubuh ayam bangkok.

Pengobatannya adalah dengan membungkus kaki ayam yang turun urat dengan kasa. Sebelum dibungkus tempelkan tumbukan daun serai pada kaki ayam yang memiliki ciri ciri turun urat. Tempelkan tumbuhkan daun serai agak banyak karena daun ini berfungsi untuk mengobati kaki ayam yang turun urat dan sudah di buktikan oleh banyak botoh sabung ayam.

Cara membungkusnya sama seperti orang yang patah tulang. Namun perhatikan juga jangan membungkus keseluruhan bagian kaki ayam. Biarkan kaki ayam tetap dapat menginjak tanah. Ganti bungkusan perban dan daun serainya setiap hari. Sebelum dibungkus lagi, rendam kaki ayam bangkok yang turun urat kedalam air es selama beberapa menit, lalu bungkus kembali seperti sebelumnya.

Jika selang 4-5 hari tidak ada kemajuan pada ayam, anda bisa memberikan obat yang dapat dibeli di apotik. Belikan obat-obatan untuk reumatik atau sejenisnya selama 4 hari kedepan. Obat reumatik yang beli diapotik dapat membantu proses penyembuhan turun urat dari dalam. Contoh obat yang dapat diberikan adalah Penstrip 405 dan Rifampicin.

Yang perlu diperhatikan agar ayam cepat sembuh adalah dengan membiarkan ayam bangkok beristirahat total. Biarkan ayam beristirahat di dalam kandang, perhatian juga makan dan minumnya. Setelah 4 hari lewat, keluarkan ayam dari dalam kandang namun tetap jangan biarkan ayam loncat atau berlari hingga benar-benar pulih.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Cara Ampuh Mengobati Turun Urat Pada Ayam Bangkok yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *