Cara Mengatasi Bubul Ayam Aduan Tanpa Operasi

SABUNG AYAM ONLINE – Cara Mengatasi Bubul Ayam Aduan Tanpa Operasi, bagaimana cara agar kita dapat mengatasi ayam aduan yang sedang dalam kondisi tidak fit, seperti terkena penyakit bubul. Penyakit bubul ini adalah salah satu penyakit yang tentunya bisa membuat si pemilik ayam tersebut menjadi tidak tenang.

Namun dengan kondisi ayam yang sedang mengalami penyakit bubul ini, anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Penyakit ini menyerang ketika adanya luka di bagian telapak kaki ayam yang terinfeksi dan terlambat di obati sehingga penyakit ini terus berkembang yang pada akhirnya menimbulkan penyakit bubul.

Lalu, bagaimana cara mengatasi agar penyakit yang di sebabkan oleh bakteri ini dapat di sembuhkan dengan cepat. Terutama bagi anda yang mungkin agak ceroboh dalam merawat ayam aduannya, kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap telapak kaki ayam aduannya secara rutin dan periksanya tidak perlu kita lakukan setiap hari cukup 1-2 bulan sekali saja.

Dan jika sudah ada yang terindikasi bahwasanya ayam aduan tersebut terkena penyakit bubul maka segeralah di obati agar penyakit bubulnya tidak semakin parah.

Biasanya ayam aduan yang sedang mengalami penyakit bubul tingkat ringan ataupun sedang tentu bisa menimbulkan bau, anda cukup membersihkan dengan air 1x 2-3 hari, kemudian bersihkan luka, buang kotoran, kulit, upil keras dan kemudian di olesi dengan neoblue yang biasanya di lakukan 3-4 minggu.

Nah, bagaimana dengan cara mengobati bubul pada ayam yang sudah semakin parah, salah satunya cara adalah melakukan pengoperasian pada ayam aduan yang terkena penyakit bubul.

Cara Mengatasi Bubul Ayam Aduan Tanpa Operasi

3 bahan cara untuk mengobati bubul ayam aduan tanpa operasi :

1. Obat Bubul
2. Plester Bubul
3. Obat Racikan

Cara pertama anda mencuci telapak kaki ayam aduan dengan air hingga bersih. selanjutnya, bersihkanlah bubul dengan alkohol kemudian tempelkan obat bubul / plaster bubul hingga 3 hari plaster bubul di lepas dan lakukanlah secara rutin.

Cara kedua adalah menggunakan betadine yang di teteskan ke kapas. Caranya masih sama seperti cara pertama yaitu membersihkan 2 telapak kaki yang terkena bubul kemudian kapas di tempelkan ke mata bubul setelah itu kapasnya di kenakan di bagian handsaplasnya agar kapasnya tidak lepas, jika bisa 3 hari sekali di ganti dan lakukanlah secara rutin sampai bubulnya benar-benar hilang.

Cara ketiga adalah mengboati bubul ayam tanpa operasi kaki ayam di rendam selama 30 menit di air garam.

Caranya tuangkan saja air hangat di ember kemudian beri garam secukupnya terus di aduk dan masukkan kaki ayam selama kurang lebih 30 menit.

Jika sudah selesai di kerjakan, kemudian sikat bagian bubul sembari bagian luar bubul di kelupas dan tempelkan kapur sirih yang di campur detergen.

Dan jangan lupa untuk membersihkan alas kandang juga di perhatikan agar mempercepat proses penyembuhan bubul alas sebaiknya bersih.

Demikianlah artikel di atas mengenai “Cara Mengatasi Bubul Ayam Aduan Tanpa Operasi” semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk menyalurkan hobi pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia, sekian dan terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *