Cara Membedakan Jenis Ayam Serama Asli Kualitas Juara

Jenis ayam hias saat ini tentu saja sudah semakin banyak, dan bisa di temukan dimana saja, Namun tahukan anda tentang ayam hias asal Malaysia yang sangat terkenal yaitu ayam serama asli kualitas juara. Jenis ayam yang satu ini terkenal karena memiliki keunikan tersendiri seperti bentuk badanya yang sangat kecil dan juga terlihat selalu gagah.

Namun untuk mengetahui mana ayam serama asli kualitas juara anda harus benar benar jeli dalam memilih ayam serama, karena semua ayam serama tidak sama dan memiliki ciri ciri yang berbeda mulai dari bentuk dada yang selalu membusung kedepan dan masih banyak lagi.

Cara untuk membedakan Ayam Serama Asli Kualitas Juara dan yang biasa berdasarkan Sifat adalah :

  • Terlihat sangat gagah dan pemberani selalu siap bertarung.
  • Bagian dada selalu membusung ke depan dan tingi.
  • Selalu beridiri dengan posisi tegap dan berkokok dengan suara lantang.

Ciri-Ciri Ayam Serama Berkualitas Berdasarkan Fisik:

Bentuk Badan
Jenis ayam yang satu ini hanya memiliki lingkar tubuh sebesar 20 cm saja, dan juga biasanya bentuk dadanya lebih besar ke arah depan dengan bagian tubuh belakang yang mengarah kebawa tegap. Namun seiring dengan perkembangan jaman saat ini jenis ayam yang satu ini lebih sering di ternakan dengan bentuk badan yang lebih ramping, karena pesanan dari para penggemar sabung ayam.

Ciri Kepala dan Juga Jengger
Jenis ayam serama asli kualitas juara biasanya memiliki ukuran kepala yang sangat kecil dan sesuai dengan ukuran tubuhnya. Warna bagian kepalanyajuga terlihat merah cerah dan bentuk kepalanya seperti tertarik kebagian belakang.
Bentuk jenggernya tidak memiliki bentuk yang terlalu besar dan sangat menyerupai jengger ayam hutan namun selalu tegak serta berwarna merah darah.

Bentuk Sayap
Pada bagian sayap dari ayam serama, biasanya akan terlihat seperti menjepit rapat lulur, sejajar dengan kaki. Memang terkadang ada yang condongnya lebih kedepan dari ujung sayapnya hinga mengenai lantai.

Bentuk Ekor
Biasanya bentukan ekor ayam serama akan terlihat lebih lurus dan tonggi, tegak melentik pada bagian ujung. Susunan ekor berbentuk seperti anak tangga dan berdekatan dengan kepala.

Ciri Kaki
Bentuk kaki cukup tinggi, panjang dan juga lentik pada bagian jari kakinya.

Bulu Ekor
Ayam serama jantan dewasa atau remaja mempunyai bulu pedang yang cukup panjang.

Berat Badan
Untuk Berat badan dari ayam hias serama hanya 1-2,5 kg.

Demikianlah artikel yang bisa kami tim sabung ayam online berikan tentang. Cara Membedakan Jenis Ayam Serama Asli Kualitas Juara. Yang berhasil kami tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam OnlineMaster303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *