Cara Memandikan Ayam Aduan

Agen Sabung Ayam

Cara memandikan ayam aduan Anda yang baik memiliki cara dan teknik yang sangat khusus , tidak sembarang dengan asal menyiramkan air pada ayam tersebut.

Jika Anda memandikan ayam aduan dengan sembarangan , maka yang terjadi adalah ayam akan menjadi tidak bersemangat , sehingga performa ayam akan menurun.

Hal ini akan sangat merugikan pemilik ayam bangkok , sebab ayam bangkok biasanya dipakai untuk melakukan aksi adu ayam. Sehingga ayam akan kalah bertarung , dan jelas membuat pemilik ayam akan sangat merugi.

Untuk itu memandikan ayam juga merupakan hal yang sangat penting , maka berikut akan dijelaskan bagaimana cara memandikan ayam bangkok atau ayam aduan Anda dengan tepat dan juga cepat secara rinci.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyediakan air bersih sekitar 20 liter untuk sekali mandi ayam. Lalu sediakan juga beberapa alat untuk membersihkan ayam tersebut seperti spon atau kain pembasuh yang sangat lembut.

Untuk bahan pembersihnya , maka Anda bisa menggunakan gula merah , asam jawa , bawang putih dan juga kunyit. Telur ayam kampung juga bisa digunakan. Dan jangan lupa kandang umbaran untuk menjemurnya.

Berikut ini cara memandikan ayam bangkok aduan Anda dengan benar dan baik , yang dapat Anda lakukan di rumah dengan alat dan bahan-bahan yang telah Anda persiapkan diatas.

Bersihkan Tenggorokan Ayam

Sebelum dimandikan dengan air , bersihkan dulu tenggorokan ayam dengan bulu halus atau kain pembasuh yang masih kering. Lalu beri makan dan juga minum kepada ayam.

Basuh Bulu Ayam

Setelah diberi makan , maka basuh bulu ayam tersebut dengan  menggunakan spon atau kain pembersih yang telah dibasahi dengan air secara merata. Utamakan pada bagian kepala , paruh , hingga dagu ayam bersih.

Mandikan Ayam

Memandikan ayam disini bisa dilakukan dengan menyiram ayam tersebut dengan air yang telah disiapkan secara bertahap dan hati-hati , jangan sampai ayam kaget dan meronta. Lalu kembali bersihkan bagian bulu ayam hingga ke sela-sela dengan menggunakan spon atau kain pembersih. Tak perlu menggunakan sabun , jika sudah tampak bersih , bilas dengan air bersih secara hati-hati.

Keringkan Bulu Ayam

Setelah selesai dimandikan , keringkan bulu ayam  dengan mengelapnya dengan kain bersih yang kering. Lalu letakkan di dalam kurungan di ruang terbuka yang mendapat sinar matahari supaya ayam berjemur selama beberapa saat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai cara memandikan ayam aduan , semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman pemula yang ingin memandikan ayam aduan kesayangannya.

{}WY{}

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *