Cara Ampuh Untuk Menyembuhkan Kaki Ayam Yang Sedang Turun Urat

SABUNG AYAM ONLINE – Cara Ampuh Untuk Menyembuhkan Kaki Ayam Yang Sedang Turun Urat, Turun urat di kenal sebagai salah satu penyakit ayam bangkok aduan yang bisa di katakan cukup berbahaya untuk ayam aduan dan membutuhkan penyembuhan secepatnya. Penyakit jenis yang satu ini bisa menyebabkan gangguan pergerakan ayam aduan tersebut, sehingga membuat keterbatasan dalam gerakan ayam aduan tersebut pada saat bertarung di arena sabung ayam.

Penyebab bisa terjadinya turun urat pada ayam aduan mungkin karena adanya 2 faktor, yaitu karena di gebrak pada usianya yang masih muda dan mungkin terjadi benturan pada ayam aduan tersebut. Maka dari itu pada artikel kali ini akan membahas tentang penyebabnya terjadinya ayam turun urat serta cara ampuh untuk menyembuhkan kaki ayam yang sedang mengalami turun urat.

Cara Ampuh Untuk Menyembuhkan Kaki Ayam Yang Sedang Turun Urat

Turun urat pada ayam memang hal sudah sering terjadi pada ayam aduan manapun, penyebabnya di karenakan oleh 2 hal. Dimana, penyebab yang paling utama adalah fakor usia ayam aduan yang terlalu muda ketika di gebrak ataupun karena ayam aduan yang masih muda di gebrak lawan ayam aduan yang sudah tua.

Perlu para juragan ketahui bahwa ayam yang terlalu muda struktur tulang dan otot-ototnya masih belum maksimal, sehingga akan membuat struktur organ geraknya menjadi terganggu. Akan tetapi cara mengobati ayam turun urat karena penyebab ini biasanya lebih mudah jika dibandingkan dengan pengobatan turun urat yang disebabkan benturan.

Selain karena di gebrak di saat usia ayam aduan tersebut yang masih muda,  ayam juga dapat mengalami turun urat karena di sebabkan benturan. Penyebab ayam turun urat ini sering tidak diketahui. Tidak hanya ayam muda, turun urat karena benturan juga dapat terjadi pada ayam sudah cukup umur setelah ia bertanding. Turun urat umumnya terjadi karena benturan yang terlalu keras. Benturan ini bisa disebabkan oleh kesalahan memukul maupun karena terkena pukulan ketika ia bertanding atau digebrak.

Ayam yang mengalami turun urat akan menunjukkan 2 ciri utama. Ciri-ciri ayam turun urat tersebut adalah kaki ayam terasa lebih panas seusai digebrak (diketahui dengan cara meraba), ayam suka mengangkat salah satu kakinya, serta saat berjalan ia nampak terlihat pincang dan tidak mau bertumpu pada kaki yang mengalami turun urat.

Untuk mengobati ayam turun urat, beberapa perawatan bisa Anda lakukan. Namun, cara mengobati ayam turun urat yang pernah saya coba dan terbukti berhasil adalah dengan menerapkan teknik perawatan yang berkesinambungan. Artinya teknik perawatan ini dilakukan secara berkelanjutan dengan menggunakan obat alami sebagai obat luar dan obat warung sebagai obat dalam. Secara lebih jelas, cara mengobati ayam turun urat yang saya maksud adalah sebagai berikut:

Setiap hari, kaki ayam yang turun urat diperban atau dibungkus dengan kain kasa. Dalam kain tersebut ditempelkan tumbukan daun serai tepat pada kaki ayam yang menujukan ciri-ciri turun urat. Daun serai adalah obat alami ayam turun urat yang sudah berkali-kali terbukti ampuh.

Kaki ayam yang turun urat haruslah di balut seperti merawat orang patah tulang, akan tetapi usahakan agar kaki ayam tetap bisa menginjak tanah. Balutan tersebut sebaiknya diganti setiap hari dan saat akan mengganti daun serai, sebaiknya kaki ayam direndam dengan air es beberapa menit, kemudian dibungkus lagi seperti semula.

Selain menerapkan cara mengobati ayam turun urat dengan bahan alami tersebut, sebaiknya pengobatan dalam juga dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Pengobatan dalam dilakukan dengan memberikan obat reumatik atau sejenisnya melalui minumannya sesuai dosis selama 4 hari berturut-turut. Obat reumatik yang bisa diberikan dapat berupa obat rematik yang digunakan untuk manusia, misalnya Penstrip 405 dan Rifampicin.

Demikianlah artikel di atas mengenai “Cara Ampuh Untuk Menyembuhkan Kaki Ayam Yang Sedang Turun Urat” semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk menyalurkan hobi pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia, sekian dan terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *