BEGINILAH BENTUK KAKI PETARUNG DARI AYAM BANGKOK JUARA

Sabung Ayam Online – BEGINILAH BENTUK KAKI PETARUNG DARI AYAM BANGKOK JUARA
Banyak ciri-ciri Ayam Bangkok yang dapat kita amati. Ayam Bangkok yang bagus bisa terlihat pada bagian kepala, badan dan kaki. Khusus pada kesempatan ini kita akan membagi pengalaman bagaimana cara mengetahui Ayam Bangkok yang memiliki Kaki yang bagus sebagai Kaki Ayam Petarung.

Setiap Ayam Petarung pasti memiliki bentuk kaki yang berbeda beda, akan tetapi sebenarnya ada beberapa bentuk dan ciri dari kaki Ayam Bangkok yang diperkirakan akan menjadi calon juara dalam Arena Sabung Ayam.
Sebagai pehobi / pecinta adu ayam harus jeli dalam menilai kaki berserta sisik dari kaki ayam tersebut karena diumpamakan seperti prajurit berperang dengan senjata api maka Senjata Ayam itu terletak pada Kakinya.
Kaki Ayam Bangkok Juara memiliki kriteria tersendiri yang kerap ditemui pada Ayam Juara yang memenangkan Laga Sabung Ayam. Perlu diperhatikan juga karena kaki adalah senjata utama dari Ayam Bangkok untuk mengalahkan lawannya, harus kuat dan lincah karena selain digunakan untuk memukul kaki lawan, juga akan saling beradu dengan kaki lawannya.

Dalam memilih Ayam Bangkok yang bagus perlu diketahui ciri kaki ayam bangkok yang berkualitas.
Maka dengan itu Ciri kaki Ayam Bangkok yang dimaksud adalah sebagai berikut :

*dari Bentuk Paha
bagian paha Ayam Bangkok yang bagus akan terlihat besar tetapi agak pipih atau gepeng menyerupai paha belalang.

*dari Otot Paha
Otot paha ayam tampak besar & padat, ototnya akan kelihatan ‘menonjol’ jika dilihat dari depan ataupun samping. Otot yang padat dan besar akan menambah kekuatan kaki untuk melompat, memukul, dan menahan bobot badan dan keseimbanganya. Paha yang lembek bisa saja dilatih menjadi padat & keras, akan tetapi otot yang kecil akan sulit untuk diperbesar. Maka karena itu sebaiknya memilih Ayam Bangkok dengan otot yang sedang atau cukup besar.

*Lutut Kaki Ayam
Lutut kaki termasuk bagian yang jarang diperhatikan , mungkin saja karena pengaruhnya tidak begitu disadari. Lutut kaki ayam bangkok aduan yang bagus terlihat sedikit menekuk saat ayam berdiri (seperti sikap siap dengan kuda – kuda kaki). Lutut yang menekuk  maka gerakan kakinya akan lebih luwes dan lincah serta memiliki kuda – kuda kaki yang selalu siaga.

*Warna Kaki
Warna dari kaki Ayam Aduan yang bagus harus ‘tembus’.
Tembus disini dalam arti bahwa warna dasar dan warna tambahan (jika ayam memiliki dua warna) harus sama dengan warna paruhnya dengan komposisi warna yang seimbang. Warna dasar kakinya juga akan sama dengan warna yang mengitari kornea mata ayam. Akan lebih hebat lagi kalau warnanya tembus hingga ke warna kuku dan bulu ayam.
Warna tembus dipercaya menjadi syarat dasar yang paling penting untuk Sabung Ayam, setidaknya harus tembus warna paruh, warna sisik kaki dan warna mata. Oleh karena itu hindari ayam aduan yang tidak tembus di tiga hal tersebut.

*Besar Kaki
Ukuran dari batang kaki ayam bangkok yang bagus ialah sedang , besarnya seimbang dengan ukuran badannya.
Ayam dengan kaki kecil , gerakannya ringan dan gesit, tetapi dikhawatirkan tak tahan saat beradu pukulan. Ayam dengan kaki besar gerakannya berat dan kaku , pukulannya tidak perih tapi berat dan jika keras bisa merusak tulang leher & luka dalam.

*Sisik Kaki
Kaki Ayam Aduan yang bagus harus kering.
Sisik yang kering (pada umumnya mengkerut) akan terasa keras sehingga sangat baik untuk melindungi kaki supaya kaki ayam tidak kesakitan ketika berbenturan.

*Bentuk Sisik Kaki
ukuran standart sisik yang baik dan tersusun rapi dengan bentuknya dan susunannya sama di kedua kaki.
Sisik yang rapi akan membuat aliran darah dan syaraf motorik di kaki berjalan dengan baik, sehingga gerakan kakinya lancar di kedua kakinya.

*Taji Ayam
Posisi taji ayam aduan yang bagus letaknya sedikit ke bawah mendekat ke pangkal tumit, seimbang antara kiri dan kanan.
Taji yang efektif mengenai sasaran akan tergantung dari teknik pukulan Ayam Aduan. Taji yang bagus ialah yang berukuran sedang / besar. Jika ukuran taji terlalu kecil (taji jarum) akan dikhawatirkan mudah patah.

Dalam memilih Ayam berkualitas, tentu kita harus memperhatikan dahulu jenis ayam tersebut dan juga jenis dari indukan ayam tersebut. Apabila ayam tersebut bukan keturunan dari ayam petarung, sebagus apapun ciri fisik dan kemampuan ayam tersebut, tetap saja hal tersebut tidak bisa menjadikan ayam tersebut sebagai juara.

Sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait BEGINILAH BENTUK KAKI PETARUNG DARI AYAM BANGKOK JUARA. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk pengetahuan sejarah pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia. sekian dan terima kasih..

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *