Beberapa Asupan Gizi Penting Bagi Ayam Bangkok

AGEN SABUNG AYAM – Inilah beberapa asupan gizi penting bagi ayam bangkok aduan, Para pebotoh maupun penggemar ayam bangkok aduan sudah mengetahui betapa pentingnya pertumbuhan dan kondisi ayam bangkok aduan dalam hal mengkomsumsi pakan ataupun makanan. Bahkan pakan yang harus kita berikan, haruslah mengandung asupan gizi yang dibutuhkan oleh ayam bangkok aduan.

Bagian Asupan Gizi Baik Bagi Ayam Bangkok

  • Protein : Salah satu asupan gizi yang berfungsi sebagai pembangun buat tubuh. Protein sangat berguna untuk meningkatkan jumlah otot beserta daging buat ayam bangkok aduan, apalagi sangat dibutuhkan oleh peranakan ayam bangkok yang sedang tumbuh dengan kisaran umur 6 bulan dan yang sedang dipersiapkan untuk diadu. Untuk menambahkan asupan gizi khususnya protein, para pemilik ayam sabung sering menambahkan beberapa cincangan daging kambing dalam pakan untuk ayamnya.
  • Lemak : Asupan gizi satu ini juga termasuk penting bagi peranakan ayam yang sedang tumbuh. Tetapi harus diingatkan kembali, bagi ayam yang akan di adukan sudah tidak terlalu perlu diberikan. Sebaliknya, sabung ayam yang akan di adukan justru harus memiliki postur tubuh yang langsing, singset dan padat. Jika terlalu berlebihan lemak, ayam akan keberatan badan sehingga mudah lelah atau tidak mampu untuk memukul.
  • Air : Selain pakan, sabung ayam juga sangat membutuhkan air. Air termasuk salah satu asupan gizi yang dikarenakan untuk proses metabolisme tubuh. Air juga sangat digunakan sebagai pelarut bahkan hampir 60% tubuh sang ayam terdiri dari atas air yang juga berguna dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan dan menyeimbangkan beberapa zat di dalam tubuh sang ayam.
  • Karbonhidrat : Asupan gizi ini sangat dibutuhkan oleh sabung ayam agar stamina tetap bugar. Stamina ayam memang harus diperhatikan, dikarenakan pertarungan di arena membutuhkan 5 sampai 6 ronde yang di setiap rondenya 15 menit berjalan.
  • Mineral dan Vitamin : Kedua asupan gizi ini sangat bermanfaat juga bagi daya tahan tubuh serta kelincahan si ayam bangkok sewaktu bertarung, meskipun jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak sekali, yang diantaranya hanya 1 sampai 2 persen dari total ransum. Mineral dan Vitamin ini juga berguna sebagai katalisator dalam proses metabolisme tubuh. Dan pemberian vitamin B kompleks sangat dibutuhkan untuk metabolisme dan pertumbuhan fisik si ayam yaitu pertumbuhan tulang, mencegah kelumpuhan dan menghindarkan kecacatan pada kaki si ayam.
  • Grit : Grit adalah satu bahan yang digunakan untuk membantu pencernaan ayam di bagian tembolok, yang dimana berupa kulit kerang atau cangkang bekicot. Grit ini bisa juga diberikan kepada ayam muda di dalam kandang umbaran. Penting sekali, bahwasannya satu asupan gizi ini tidak boleh diberikan kepada sabung ayam yang masih peranakan dibawah umur tiga bulan, yang dikarenakan akan menggangu atau melukai pencernaannya.

Demikian imformasi mengenai beberapa asupan gizi penting bagi Ayam Bangkok yang dapat di imformasikan. Semoga info di atas bisa bermanfaat bagi para penggemar dan para pebotoh untuk tidak sembarangan memberikan asupan gizi yang tidak sesuai dengan metabolisme si ayam. Dan pastikan dengan benar-benar teliti, agar ayam aduan yang diperoleh memang bagus kualitasnya.

Salam Hobi, CR

Beberapa Asupan Gizi Penting Bagi Ayam Bangkok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *