CATATAN AYAM PELUNG JADI SEJARAH ADUAN KHAS NUSANTARA

Sabung Ayam Online – CATATAN AYAM PELUNG JADI SEJARAH ADUAN KHAS NUSANTARA – Menurut para pakar Pelung, keberadaan ayam Pelung sudah dikenal lebih dari satu abad. Legenda Mengenai ayam pelung sebagian orang mungkin masih belum begitu kenal dengan ayam asli nusantara ini,  kecuali masyarakat Cianjur khususnya di Sukabumi karena ayam Pelung ini berasal dari daerah tersebut.
Konon awalnya ditemukan pada tahun 1850, Ayam Pelung Berasal dari salah satu kampung di Kecamatan Warung kondang yang terletak di kaki Gunung Gede. Bagi masyarakat Cianjur yang mempercayai bahwa memelihara Ayam Pelung dapat mendatangkan rezeki, ketentraman, dan kebahagiaan hidup, tentu jika Ayam Pelung tersebut dirawat dengan baik.

Nama ayam pelung berasal dari bahasa sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena dalam berkokok menghasilkan bunyi melengkung,
Ayam jenis ini mempunyai 3 sifat gen yang unik, berpostur tinggi dan memiliki suara kokok yang khas, yaitu panjang mengalun berirama karena ayam Pelung memiliki leher yang panjang dalam mengahiri suara / kokokannya dengan posisi melengkung. Dengan bobot berat yang bisa mencapai 7 kg, jenis ayam yang satu ini sering juga dijadikan sebagai ayam laga.

Setiap tahun di daerah Cianjur diadakan kontes ayam Pelung yang selalu diikuti oleh pecinta ayam hias dari wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Ayam pelung yang termasuk ke dalam nominasi kontes harganya berkisar Rp. 30 jutaan. Maka dengan itu untuk saat ini jenis ayam pelung semakin diminati oleh para peternak lokal maupun peternak dari luar negeri, bahkan putra dari Kaisar Jepang pernah berkunjung ke daerah Cianjur untuk melihat langsung proses pengembangbiakannya.

CATATAN AYAM PELUNG JADI SEJARAH ADUAN KHAS NUSANTARA merupakan salah satu jenis ayam lokal indonesia yang mempunyai karakteristik khas, yang secara umum ciri ciri ayam Pelung dapat digambarkan sebagai berikut :

– Badan
: Besar dan kokoh (jauh lebih berat / besar dibanding ayam lokal biasa), bobot dapat mencapai rata-rata 5 kg – 7 kg.
– Cakar: Panjang dan besar, berwarna hitam, hijau, kuning atau putih
– Pial: Besar, bulat dan memerah
– Jengger: Besar, tebal dan tegak menjulang, sebagian ada juga yang miring, berwarna merah dan berbentuk tunggal
– Warna bulu: Tidak memiliki pola khas, tapi umumnya campuran merah dan hitam ; kuning dan putih ; dan atau campuran warna hijau mengkilat
– Suara: Berkokok berirama, lebih merdu dan lebih panjang dibanding ayam jenis lainnya.

Image result for ayam pelung

Dalam memilih Ayam berkualitas, tentu kita harus memperhatikan dahulu jenis ayam tersebut dan juga jenis dari indukan ayam tersebut. Apabila ayam tersebut bukan keturunan dari ayam petarung, sebagus apapun ciri fisik dan kemampuan ayam tersebut, tetap saja hal tersebut tidak bisa menjadikan ayam tersebut sebagai juara.

Sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait CATATAN AYAM PELUNG JADI SEJARAH ADUAN KHAS NUSANTARA. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk pengetahuan sejarah pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia. sekian dan terima kasih..

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *