Ayam Cemani Dalam Dunia Mistik

AGEN SABUNG AYAM – Kekuatan mistik ayam hadir semua ritual kehidupan yang sering anda ketahui, bahkan persembahan kepada roh para leluhur, sebagai tumbal, penolakan bala ataupun guna-guna sampai pengusiran roh halus. Dan kepercayaan masyarakat terhadap ayam sangat luas, bukan hanya terbatas pada sesajen, bahkan buat kekuatan mistik ayam dapat juga digunakan sebagai media untuk berbagai kepentingan lain-lainnya.

Salah satu contoh, ketika di jalan tol Cikampek – Jakarta banyak terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga menurut kepercayaan para penduduk setempat harus diberikan tumbal yang diantaranya ayam cemani. Yang diketahui ayam ini sekujur tubuhnya berwarna hitam termasuk lidah hingga darahnya, ini dipercaya mempunyai kekuatan mistik untuk menangkal musibah, ilmu hitam dan menolak bala.

Legenda-legenda yang berkaitan dengan ayam cemani tetap terpelihara dalam masyarakat Indonesia. Sedangkan ada legenda ataupun dongeng Cinderalas dan Sawunggaling misalnya, seekor ayam jago ini yang bertarung dalam arena adu ayam bisa dilihat sekilas jelmaan seorang pangeran. Bahkan di laut selatan legenda satu ini berkembang. Satu gua di daerah Cilacap – Sranggil dipercaya didiami oleh sesosok ayam jago yang tidak dapat dilihat semua orang dan ada yang bilang ayam tersebut semacam kembang Wijaya Kusuma.

Di tahun 90 – an di pulau Jawa masih sering terlihat berbagai sesajen-sesajen yang ditemukan diatas bebatuan besar yang biasanya terdapat pohon beringin besar, dan diantaranya banyak sesajen yang terdiri dari berbagai macam jenis makanan tersebut terdapat pula olahan masakan yang didalamnya ada ayam. Terkadang banyak isu-isu yang sering kita dengar, teluh maupun santet menggunakan ayam cemani sebagai salah satu syaratnya. Ada juga berbagai kegunaan ayam satu ini, yaitu :

  1. Persembahan
    Sesajen ini diberikan sebagai tanda negosisai seseorang dengan roh ataupun makluk halus yang menghuni disuatu tempat. Merupakan suatu hal yang sangat wajar bila saja mereka yang meyakininya sehingga memberikan sesajen pada penghuni rumah atau suatu tempat, karena kita akan mengusirnya dari tempat tinggal sekarang ketempat asal seharusnya berada. Seperti halnya saat memberikan sesajen untuk Demit atau semacam makhluk halus penghuni suatu tempat, dan bila permohonan telah dikabulkan maka harus memberikan hidangan ke tempat keramat itu yang terdiri dari nasi, ayam dan kue kacang dan ditambahkan dengan kembang tujuh rupa atau dengan bunga-bungaan.
  2. Alam
    Kepercayaan ini demikian besarnya sehingga dalam kekuatan magis ayam dalam kehidupan, sehingga sosok ayam juga dijadikan suatu pedomana untuk menandakan sebuah kejadian. Suara kokok ayam yang terdengar pada saat seorang bayi dilahirkan merupakan pertanda bahwa sang bayi akan menjadi jago ataupun sebagai pemimpin. Tetapi sebaliknya jika ayam betina yang berkokok, pertanda bayi adalah sebuah hasil hubungan gelap. Bahkan bencana alam atau kebakaran dapat ditandai dengan munculnya ayam yang berkaki kan empat atau yang dilahirkan aneh dan tidak sewajarnya.
  3. Jati Diri
    Ayam jago diidentikan dengan lambang kekuasaan selain lambang harimau. Dalam masyarakat Jawa, ayam jago identik dengan peroleh suatu jabatan. Dikarenakan, Ayam jago yang bewarnakan kemerahan, kekuningan ataupun kehitaman sangat memberikan kekuatan mistik tertentu. Merah yang menandakan keberanian, Hitam menandakan kesetiaan dan keperkasaan bahkan misterius, sedangkan Kuning menandakan simbol keemasan yang diharapkan beberapa sebagian orang supaya terpilih dan sukses bila seekor ayam demikian dilepaskan.

Demikian artikel ini kami sajikan dan semoga dapat bermanfaat bagi para pecinta ayam aduan. Terima Kasih

Salam Hobi, CR

Ayam Cemani Dalam Dunia Mistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *