Kehebatan Ayam Bangkok Putih (Kinantan) Saat Diadu

Berdasarkan warisan leluhur tanah Jawa, setiap ayam aduan dibedakan menjadi beberapa kelas tertentu dilihat dari warna bulunya. Masing masing warna ayam bangkok memiliki karakteristik tersendiri, salah satunya adalah ayam bangkok putih atau kinatan.

Ayam bangkok putih kinantan sangat langkah dan hanya sedikit penghobi ayam yang memilikinya. Bagi orang yang memiliki ayam bangkok putih kinantan berarti adalah orang beruntung. Namun demikian tidak sedikit orang juga yang percaya bahwa ayam ini dinilai kurang bagus dalam bertarung di arena sabung ayam.

Ada banyak mitos dari ayam ini. Setiap mitos tentunya muncul dari daerah yang berbeda-beda. Berikut ini kami akan membahas lebih dalam mengenai kehebatan ayam bangkok puith (kinantan):
1. Penolak Bala
Ayam bangkok putih biasanya dimiliki oleh para paranormal karena ayam dipercaya sebagai penolak bala. Ayam ini bisa dipelihara di rumah dan dapat menolak segala macam jenis penyakit dan gangguan dari roh halus yang ingin masuk ke dalam rumah. Bagi orang percaya khususnya di tanah Jawa, ayam bangkok putih sama seperti ayam cemani hitam yang dapat mengusir bala.

2. Ditakuti Ayam Lawan
Dalam warisan ilmu keayaman di tanah Jawa, ayam bangkok putih berada di kasta paling bawah atau terakhir. Namun meskipun begitu ayam ini tetap ditakuti oleh lawan. Ayam bangkok ini memiliki kharisma yang kuat dibandingan dengan ayam bangkok lainnya seperti ayam blorok, ayam jalak atau ayam klawu. Jika anda ingin membuktikan, silahkan temukan dengan ayam kampung, lalu lihat apa yang terjadi pada ayam kampung tersebut.

3. Membuat Keributan
Untuk para botoh tua yang yakin mitos mengenai ayam bangkok ini, jika ayam dibawa ke sabung ayam ayam atau gelanggang maka akan membuat keributan. Ketika ayam bangkok putih ditarungkan lawannya akan berlari-lari (ingin kabur) sehingga akan terjadi kejar kejaran meski pertandingan baru dimulai 10 detik. Keadaan inilah yang membuat para botoh memanas saat manarungkan ayamnya. Bukan ayam yang betarung, tetapi malah botohnya yang bertarung dan sering adu pukul. Keributan inilah yang dimaksud. Karena kejadian ini, maka ayam bangkok putih biasanya jarang diijinkan untuk bertarung di arena sabung ayam tingkat nasional.

4. Membuat Lawan Turun Mental
Ayam bangkok putih kinantan akan bertarung secara habis habisan jika diadu dengan lawan yang memiliki mental kuat. Bahkan ketika lawan memukul bagian kepalanya hingga berdarah. Darah merah segar yang mengalir akan sangat kontras dan jelas terlihat dengan bulunya yang putih. Ini akan membuat mental bertarung ayam lawan menjadi turun dan tidak akan bertarung secara brigas untuk jangka waktu yang lama.

5. Sulit Dipukul
Entah ini mitos atau fakta, ayam bangkok putih memang tidak terlalu jeli dalam bertarung namun karena warna bulunya yang putih ayam ini akan sulit dipukul oleh lawan. Cobalah adu ayam bangkok putih dipagi hari, silau pada bulu ayam bangkok putih membuat lawan tidak bisa membidik serangan dengan pasti.

Nah itulah beberapa mitos kehebatan ayam bangkok putih (kinantan). Sebagai botoh dan penghobi ayam tetaplah sebaiknya bijak menyikapinya.

Demikianlah artikel yang bisa tim sabung ayam online berikan tentang Kehebatan Ayam Bangkok Putih (Kinantan) Saat Diadu yang berhasil tim Sabung Ayam Online rangkum, salam hangat Sabung Ayam Online ,  Master303.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *