AYAM ADUAN SUPER BLACK SUMATRA DARI ANDALAS

SABUNG AYAM ONLINE – AYAM ADUAN SUPER BLACK SUMATRA DARI ANDALAS walaupun melakukan pencarian di hutan Sumatra, tidaklah mudah untuk menemukan ayam ini. Apalagi untuk menemukan Ayam ini dengan keadaan yang memiliki kualitas. Hal ini dikarenakan pada tahun 1980-an ayam ini secara diam-diam sudah diekspor/ dibawa ke benua Amerika dan Eropa. Pasalnya hanya karna rasa ketertarikan pada bulu Ayam Sumatra yang indah dan berwarna mengkilat. Dengan warna yang dinominasi hitam mengkilat seperti ayam cemani namun tetap mempunyai gaya bertarung yang luncah dan gesit.

AYAM ADUAN SUPER BLACK SUMATRA DARI ANDALAS

Ayam Black Sumatra adalah ayam asal Indonesia yaitu berasal dari pulau Sumatra, namun pada saat ini banyak diternakkan oleh penduduk luar negeri. Black Sumatra yang berada diluar negeri lebih terkenal sebagai ayam aduan dan pada dekade baru-baru ini menjadi ayam hias karena keunikannya.

Pesona Ayam Black Sumatra
Jika di lihat dari segi postur, Black Sumatra merupakan salah satu ayam yang mempunyai keindahan bentuk tubuh yang tegak dan gagah namun tetap anggun serta menawan akan keelokannya. Dan untuk meyakinkan bahwa ayam tersebut sebagai ayam petarung/aduan, Ayam sumatra pada umumnya memiliki lebih dari satu taji/jalu pada kakinya. Ayam Black Sumatra tidak masuk kategori ayam ekor panjang walau ukuran ekornya terbilang panjang. Saat masih anakan, ayam ini berwarna hitam putih. Namun seiring pertumbuhannya lama-lama warna putih akan menjadi hilang.

Ciri-ciri dari Pejantan Ayam Sumatra (Ayam Black Sumatra)
– Bentuk postur atletis, tegap, dengan dada berbidang, kekar.
– Dominasi warna hitam.
– Bulu pendek dan sangat tebal.
– Bobot rata-rata 2 kilo.
– Bulu sayap kaku dan pendek berwarna hitam, bercampur coklat, putih dan abu-abu.
– Berbulu ekor lebat, keras, panjang menjuntai namun tidak menyentuh tanah.
– Jengger berbentuk jamangan, kecil dan berwarna merah kehitam-hitaman.
– Paruh besar, pendek, sangat kuat dan berwarna abu kehitam-hitaman.
– Kaki panjang dan kekar, dengan sisik yang teratur rapat.
– Jari kaki panjang, kokoh dan hitam kusam
– kuku panjang runcing berwarna hitam abu abu.
– Tapak kaki halus, berwarna jerami.
– Taji mencuat tajam, panjang  dan berbonggol besar.
– Suara kokoknya durasi pendek namun bernada tinggi.

Sejarah AYAM ADUAN SUPER BLACK SUMATRA DARI ANDALAS, 
pada zaman dahulu dibawa ke Amerika dan Eropa serta ke penjuru dunia untuk dijadikan ayam Laga, sehingga terjadi kepunahan Ayam Black Sumatra dimana untuk saat ini  ayam tersebut sangat jarang sekali ditemui dipulau Sumatra sendiri dan pada akhirnya para pecinta ayam aduan dan hias mulai meliriknya untuk dijadikan bisnis hewan import kembali ke Indonesia. Atas usaha beberapa rekan penggemar unggas, Ayam Black Sumatra sudah bisa masuk ke Indonesia. Tentu harganya lumayan, meski belum bisa dibilang mahal.

 

 

By BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *