Ampuh Mengusir Nyamuk Malaria Dengan Bau Ayam

SABUNG AYAM ONLINE – Ampuh Mengusir Nyamuk Malaria Dengan Bau Ayam Yang Terkenal, Sehingga Para Pakar Ilmuan Melakukan Uji Coba Untuk Dikembangkan Buat Pencegahan Dini.

Penyakit malaria tidak bisa dianggap remeh. Menurut data yang dihimpun oleh para ilmuan, secara global, terdapat 214 juta kasus malaria dan 438.000 kematian yang disebabkan oleh malaria pada tahun 2015 lalu. Disinilah kami selaku Master303 memberikan beberapa uraian mengenai cara antisipasi dari penyakit malaria.

Tinggal di negara Indonesia, berarti harus siap menghadapi resiko penyakit-penyakit endemik khas daerah tropis, seperti halnya penyakit malaria satu ini. Penyakit ini paling sering ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi parasit Plasmodium. Gigitan nyamuk memasukkan parasit dari air liur nyamuk ke dalam darah seseorang.

Malaria menyebabkan gejala yang biasanya termasuk demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala. Dalam kasus yang parah, malaria dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, ataupun kematian. Ada berbagai cara agar terhindar dari infeksi malaria, salah satunya dengan menggunakan lotion anti nyamuk. Namun, dalam studi terbaru, para ilmuan menemukan bahwa, bau ayam hidup dapat membantu melawan nyamuk malaria ini. Sehingga ampuh mengusir nyamuk malaria dengan bau ayam sahaja.

Dalam penelitian tersebut, ilmuan mengamati perilaku salah satu nyamuk pembawa malaria, Anopheles arabiensis di tiga desa di Ethiopia barat. Di daerah tersebut, penduduk biasa berbagi tempat tinggal dengan ternak mereka. Para ilmuan di Swedish University of Agricultural Sciences and Addis Ababa University, Ethiopia menemukan bahwa nyamuk lebih memilih darah manusia dibandingkan hewan, sementara ketika di luar tanpa adanya manusia, secara acak nyamuk-nyamuk memilih menghisap darah sapi, domba dan kambing.

Uniknya, dalam studi tersebut terungkap bahwa nyamuk A. arabiensis menghindari ayam-ayam saat di dalam maupun luar ruangan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa spesies ini menghindari burung.

Karena nyamuk-nyamuk Anopheles sangat mengandalkan indera penciuman mereka untuk mencari mangsa, para ilmuwan mengumpulkan rambut, wol dan bulu dari sapi, domba, kambing dan ayam di desa-desa itu. Mereka lantas mengidentifikasi senyawa bau atau aroma yang unik dari masing-masing hewan, dan menyelidiki bagaimana aroma ini menolak nyamuk.

Ada empat senyawa, yaitu naftalena, isobutyl butyrate, trans-limonene dan hexadecane disebut sebagai senyawa tertentu pada ayam. Senyawa inilah yang diyakini menjadi alasan di balik nyamuk ogah untuk mendekati ayam.

Sebagai uji coba, tim sabung ayam online membayar dan menempatkan relawan-relawan dalam tempat tidur berkelambu di sebelas pondok berbeda, dan memasang perangkap nyamuk. Di sebelas pondok tersebut, peneliti menambahkan aroma yang berbeda-beda dan mengumpulkan nyamuk-nyamuk yang terperangkap dalam semua pondok.

Hasil uji coba itu menunjukkan bahwa sangat sedikit nyamuk yang terperangkap di dalam pondok dengan aroma ayam dibandingkan dengan pondok beraroma hewan lain. Hal sama juga terjadi ketika ayam hidup yang dikurung dalam kandang kecil diletakkan di dalam pondok.

Demikian artikel diatas mengenai “Ampuh Mengusir Nyamuk Malaria Dengan Bau Ayam” semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menambah wawasan yang luas sehingga bisa mengantisipasi penyakit satu ini, sekian dan terima kasih banyak.

Salam Hobi, CR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *