ADU KERBAU, TRADISI ADAT DARI TANA TORAJA

AGEN ADU KERBAU ONLINE – Dari sekian banyaknya tradisi adat di Tana Toraja ada salah satu tradisi adat dan budaya yang menarik di Tana Toraja yaitu adat Mapasilaga Tedong atau adu kerbau. Kerbau – kerbau yang di adu di sini bukanlah kerbau sembarangan karena tidak semua jenis kerbau dapat di adu. Biasa nya, kerbau yang di pakai untuk adu kerbau adalah yang berjenis kerbau bule ( Tedong Bunga ) atau yang berjenis kerbau albino untuk di jadikan kerbau aduan.

Sebelum di mulainya upacara adat di langsungkan, puluhan bahkan ratusan kerbau yang akan diadu di bariskan di tempat atau lokasi upacara adat akan di adakan. Kerbau – kerbau ini kemudian akan di arak dengan pertama di dahului oleh tim pengusung gong, pembawa umbul – umbul, dan sejumlah wanita dari keluarga yang sedang berduka ke lapangan yang berlokasi di Rante ( pemakaman ). Saat barisan kerbau sudah meninggalkan lokasi, musik pengiring upacara adat akan di mainkan. Irama musik tradisional khas daerah tersebut berasal dari sejumlah wanita yang menumbuk padi pada lesung secara bergantian.

Sebelum di mulainya upacara adat adu kerbau, semua panitia akan menyerahkan daging babi yang sudah di bakar, rokok,  dan air nira yang sudah difermentasi atau biasa yang di kenal dengan “tuak”, kepada para pemandu kerbau dan semua tamu –  tamu yang ikut menghadiri upacara adat tersebut. Adu kerbau kemudian adakan di mulai dan dilakukan di tempat yang berlokasi seperti di sawah, dimuali dengan adu kerbau bule. Adu kerbau yang di selingi dengan prosesi pemotongan kerbau ala Tana Toraja, Ma’tinggoro Tedong, yaitu artinya menebas kerbau yang di adu dengan menggunakan parang dan hanya dengan sekali tebasan saja.

Demikian lah artikel tentang salah satu tradisi adat yang sangat menarik yang berasal dari Tana Toraja, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

By RN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *