CARA MEMILIKI BULU INDAH DAN MENGKILAP PADA AYAM ADUAN

SABUNG AYAM ONLINE – CARA MEMILIKI BULU INDAH DAN MENGKILAP PADA AYAM ADUAN – Bulu yang selalu terlihat indah dan mengkilap adalah salah satu faktor yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk memberikan penilaian terhadap mutu dan kualitas ayam kesayangan kita. Akan tetapi  kadangkala pada bulu ayam aduan peliharaan kita mengalami hal yang tidak kita harapkan, misalnya bulu ayam aduan kita rusak akibat habis bertarung atau dikarenakan hal yang terjadi diluar dugaan kita.  Oleh karena itu setiap penggemar harus tahu cara untuk merawat bulu ayam aduan agar peliharaannya tersebut terlihat layak.

Dimasa sekarang ini banyak sekali peminat ayam aduan yang menemukan harga ayam aduan dengan nominal jual yang cukup tinggi. Tidak hanya dikarenakan ayam aduan tersebut untuk dijagokan di arena saja, bisa jadi karna keindahan bulunya yang mempesona dan menggoda mata setiap para pecinta ayam aduan yang ingin memilikinya. Tak bisa diragukan lagi jika ayam aduan itu memiliki kondisi sehat,  maka bulunya juga akan tetap indah dan mengkilap.

Ada beberapa CARA MEMILIKI BULU INDAH DAN MENGKILAP PADA AYAM ADUAN :
Memandikan Ayam
Memandikan ayam aduan lalu menjemur pada panas pagi akan membuat ayam aduan menjadi lebih sehat, lebih segar dan bulunya akan tampak lebih mengkilap.
Memberi Minyak Ikan
Manfaat yang baik yang ada pada minyak ikan, antara lain mempunyai vitamin yang berkhasiat untuk bulu ayam. Minyak ikan memanglah sangat berguna untuk kesehatan bulu ayam aduan namun agar diperhatikan untuk tidak memberikan terlalu sering agar menghindari kerontokan pada bulu.
Pakan Jagung
Memberikan pakan konsumsi berupa jagung ini sangatlah disarankan, hal ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang terdapat dalam jagung akan membantu mempercepat proses perontokan dan penumbuhan bulu baru pada ayam.

CARA MEMILIKI BULU INDAH DAN MENGKILAP PADA AYAM ADUAN jika dilihat dari segi Perawatannya juga penting dilakukan. Ada Beberapa cara perawatan yang sangatlah dianjurkan untuk bulu ayam aduan, Yaitu :

* Perawatan untuk Bulu yang patah :
Apabila bulu ayam aduan patah, maka merawat bulu ayam ini bisa dengan cara disambung ataupun dengan cara ditusuk pada pangkal, atau bisa juga disambung tempel. Merawat bulu ayam aduan dirasa perlu supaya pesona dan kharisma ayam petarung tetap terjaga.

* Perawatan ketika turun bulu :
selain memberikan pakan utamanya yaitu jagung, berikanlah pakan tambahan yaitu dengan memberikan udang mentah sekitar 1 sampai 2 ons per hari. Dan selama dalam proses pelepasan bulu sebaiknya ayam tersebut tidak boleh terkena air, karena jika terkena air akan membuat bulu menjadi keras dan kaku.

* Cara mencabut dan memotong bulu :
pemotongan bulu ayam fungsinya untuk mengefisienkan pertumbuhan ayam aduan hingga mencapai masanya untuk diadu atau dikawinkan. Mencabut dan memotong bulu ayam aduan ada baiknya dilakukan pada saat ayam masih berusia sekitar 3 minggu. Pertumbuhan bulu ayam aduan yang panjang dan lebat biasanya akan membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi dan energi.

# Hal yang Perlu Dihindari
Agar beberapa teknik di atas dapat mendatangkan hasil yang lebih optimal, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Pertama setelah dimandikan penjemuran dilakukan selama sekitar 1 jam saja atau paling lama 2 jam. Apabila terlalu lama justru akan membuat bulu ayam jadi mudah kusut..

Dalam memilih Ayam berkualitas, tentu kita harus memperhatikan dahulu jenis ayam tersebut dan juga jenis dari indukan ayam tersebut. Apabila ayam tersebut bukan keturunan dari ayam petarung, sebagus apapun ciri fisik dan kemampuan ayam tersebut, tetap saja hal tersebut tidak bisa menjadikan ayam tersebut sebagai juara.

Sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait CARA MEMILIKI BULU INDAH DAN MENGKILAP PADA AYAM ADUAN. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk pengetahuan sejarah pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia. sekian dan terima kasih..

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *