BEBERAPA INFORMASI UNTUK TEKNIK SERANGAN SABUNG AYAM

SABUNG AYAM ONLINE – BEBERAPA INFORMASI UNTUK TEKNIK SERANGAN SABUNG AYAM – Awalnya teknik Sabung Ayam sangat monoton atau membosankan karena dalam peristiwa laganya selalu saja terlihat menempel dan adu leher sambil menggigit lawan dengan paruhnya terlebih biasa. Ayam  Aduan yang ingin dijadikan sebagai ayam juara pun tidak cukup bermodalkan stamina dan fisik yang kuat saja. Ayam Aduan juga harus punya teknik tarung yang baik saat menghadapi lawannya.

Namun sekarang ini, dikarenakan telah banyak sekali ayam aduan yang secara sengaja dikawin silangkan dengan ayam jenis lainnya seperti ayam Vietnam, ayam Birma dan berbagai jenis ayam laga lainnya, maka ayam aduan saat ini pun diketahui telah terlahir dengan memiliki bakat untuk berbagai jenis teknik tarungnya. Dengan teknik tarung yang cukup baik, serta ditunjang dengan fisik dan stamina yang prima, maka ayam tersebut pasti akan berkesempatan memenangi setiap tarung dan menjadi ayam aduan istimewa.

Dalam teknik tarung ayam aduan itu sendiri jika di lihat secara umum maka akan dibedakan menjadi 2, yaitu teknik bertahan dan teknik menyerang. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang BEBERAPA INFORMASI UNTUK TEKNIK SERANGAN SABUNG AYAM, mulai dari jenis serta keunggulannya..

#TEKNIK PUKULAN

Ayam Aduan yang memiliki teknik pukul umumnya lebih banyak mengelak dari pukulan dan patokan lawan. Ia dikenal cerdik dalam menghindar, tak jarang terlihat ia menyusup dibawah sayap lawan sampai kepalanya menyentuh tanah. Namun dibalik itu, ia memiliki serangan balik yang sangat menakutkan. Berikut adalah pembagian dari tehnik pukul tersebut :

  • Pukulan Atik-atik
    Pukulan atik-atik ini adalah salah satu jenis pukulan yang terdapat pada ayam petarung. Pukulan ini sasarannya adalah dibagian bawah telinga ayam. Kedua kaki pada ayam tersebut langsung menyerang tepat dibagian bawah telinga ayam lawannya. Pukulan atik-atik dikenal sangat mujur karena pukulan ini langsung mengarah ke otak kecil ayam. Sehingga otak kecil tidak dapat berfungsi untuk mengontrol keseimbangan lagi, dengan begitu musuh akan langsung pusing dan kalah.
  • Pukulan Ubun-ubun
    Sesuai dengan namanya, sasaran dari pukulan ini yaitu tepat pada ubun-ubun ayam. Ayam nantinya akan menggunakan jalu untuk memukul lawannya. Pukulan ubun-ubun ini sangatlah beresiko kematian bagi musuh.
  • Pukulan Tenggok
    Sasaran dari pukulan tenggok merupakan kepala di bagian bawah pada ayam. Akibat dari pukulan tenggok ini adalah lidah ayam lawan nantinya akan masuk ke dalam kerongkongannya karena disebabkan ayam tersebut terkena serangan pada bagian pernapasannya. Bagian pernapasan ayam terletak dibagian bawah. Karena itulah kalau ayam terkena serangan dibagian tersebut pernapasannya pada ayam akan terganggu dan mengakibatkan lidahnya masuk ke dalam tenggorokan.
  • Pukulan Jilling
    Sasaran dari pukulan jilling ini adalah bagian atas telinga ayam. Pukulan jilling juga dapat menyebabkan musuh bisa menjadi buta. Karena bagian syaraf mata pada ayam akan terganggu bahkan rusak. Apabila syaraf mata tersebut sudah rusak maka akan menyebabkan ayam tersebut menjadi buta dan kehilangan kemampuan pengelihatannnya.
  • Pukulan Mata
    Tidak jauh beda dari pukulan jilling, pukulan mata ini juga bisa beresiko buta bagi ayam yang terkena pukulan ini. Namun yang membedakannya ialah jika pukulannya ini tepat pada bagian mata ayam lawan. Pukulan mata ini dilakukan dengan menggunakan jalu yang terdapat pada ayam tersebut.

    BEBERAPA INFORMASI UNTUK TEKNIK SERANGAN SABUNG AYAM

    #TEKNIK SERANGAN

    Setelah membahas tentang teknik pukulan, selanjutnya kita akan membahas tentang teknik menyerang yang biasanya diluncurkan ayam aduan untuk memukul lawannya. Teknik menyerang pada ayam aduan bisa dikategorikan menjadi 3, yaitu teknik jorok, teknik dorong, dan teknik shamo.

    –  Teknik Jorok

    Teknik jorok adalah teknik menyerang yang dilakukan dengan terus memukul tubuh ayam lawan di bagian manapun yang sekiranya bisa dipukul. Ayam-ayam dengan teknik menyerang seperti ini umumnya akan memiliki pukulan yang sangat kuat di awal babak, namun kekuatan pukulan itu akan melemah dengan sendirinya seiring berjalan waktu. Ayam tipe jorok akan sulit memenangkan lawan yang punya teknik bertahan baik. Setelah kelelahan memukul, tubuhnya akan lemas sehingga mudah diserang balik oleh lawannya.

    – Teknik Dorong

    Teknik dorong merupakan teknik tarung ayam bangkok yang cukup baik dilakukan untuk mendapatkan posisi tepat sebelum memukul. Teknik dorong membuat ayam lawan terus terdorong mundur sehingga gerakannya lambat dan lengah. Ayam dengan teknik dorong akan dengan mudah memenangkan laga, terutama jika ia punya pukulan yang kuat dan akurat. Akan tetapi, sulit menemukan ayam dengan teknik menyerang seperti ini sekarang.

    –  Teknik Shamo

    Teknik shamo merupakan teknik tarung khas yang dimiliki ayam shamo dari Jepang. Teknik shamo merupakan gabungan dari teknik dorong dan teknik pukul akurat. Ayam dengan teknik ini akan memepet lawannya hingga posisinya terjepit. Setelah ada kesempatan bagus, ayam akan terbang dan mengarahkan jalu dan cakarnya ke bagian kepala ayam. Dengan sekali pukul saja, ayam dengan teknik shamo kadang kali bisa membuat lawannya gagar otak dan terkapar.

    Dalam memilih Ayam berkualitas, tentu kita harus memperhatikan dahulu jenis ayam tersebut dan juga jenis dari indukan ayam tersebut. Apabila ayam tersebut bukan keturunan dari ayam petarung, sebagus apapun ciri fisik dan kemampuan ayam tersebut, tetap saja hal tersebut tidak bisa menjadikan ayam tersebut sebagai juara.

    Sekian informasi yang dapat saya sajikan terkait dengan BEBERAPA INFORMASI UNTUK TEKNIK SERANGAN SABUNG AYAMSemoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk pengetahuan sejarah pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia. sekian dan terima kasih..

    >BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *