CARA TEPAT DALAM MENILAI KETANGGUHAN SEEKOR AYAM ADUAN

Sabung Ayam Online – CARA TEPAT DALAM MENILAI KETANGGUHAN SEEKOR AYAM ADUAN – Bagi pecinta ayam aduan / sabung ayam tentunya pasti akan setuju akan satu pendapat bahwa seekor ayam petarung tangguh bisa saja diperoleh dari jenis ayam trah apa saja yang mempunyai gaya khas dalam bertarung .
Sebenarnya kita mungkin sering melihat ayam aduan akan tapi kita tidak menyadarinya karena kita sebelumnya tidak mengetahui ciri – ciri ayam yang super tersebut . Untuk menilai ayam aduan super kuat dan agresif itu dapat dilihat dari beberapa segi, dimulai dari leher, kepala, dan bentuk badan dan yang paling utama adalah dari bentuk kaki ayam aduan tersebut.

Dalam kesempatan ini, kita akan saling berbagi cara dalam hal melihat/ menilai , apakah tangguh atau tidaknya seekor ayam aduan tersebut… ? Hal ini akan diuraikan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih ayam yang tangguh, sebagai berikut :

CARA TEPAT DALAM MENILAI KETANGGUHAN SEEKOR AYAM ADUAN

Perhatikanlah beberapa faktor dasar berikut :
1. Tenaga
Faktor ini dapat dibagikan atas 3 golongan yaitu ,
KEKUATAN : hal ini mempengaruhi kekuatan pukulan, dan bobot dari pukul itu sendiri bergantung dari besar dan kecilnya massa otot ayam tersebut. Semakin besar massa otot maka efek pukulan yang dihasilkan tentu akan memiliki efek yang besar juga. Karena tanpa pukulan yang keras akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menumbangkan lawan.
KECEPATAN : kemampuan bergerak secara cepat pada saat melakukan serangan atau saat menghindar. Semakin ramping tubuh ayam aduan maka semakin tinggi tingkat kecepatan yang dimilikinya. Saat ini diketahui Trah dari Ayam Bangkok masih memiliki nilai diatas rata-rata soal kecepatan.
STAMINA : hal ini berpengaruh pada penggunaan tenaga terus menerus yang dihitung berdasarkan durasi, sebab segalanya akan percuma jika hanya mampu bertarung pada durasi yang singkat dikarnakan adanya kelemahan pada stamina.

2. Kemampuan Serang
– memiliki perbandingan yang diambil dari seberapa banyaknya aktivitas pukulan yang dilakukan saat dalam menyerang dan seberapa banyaknya pukulan yang mengenai lawan sehingga memberikan efek terhadap lawannya.
– gaya bertarung yang dilakukan oleh ayam aduan dengan cara memanfaatan kelemahan dari lawannya.

3. Kemampuan Tehnik Bertahan
ada 2 unsur yang berlaku dalam tehnik  ini , yaitu :
a. Kemampuan dalam Menghindar merupakan gerakan antisipasi yang dilakukan untuk menghadapi serangan. Bagi ayam aduan yang cerdik biasanya dapat mengubah pola bertarungnya jika terdesak.
b. Kemampuan dalam tadah pukul merupakan ketahanan pukulan yang dilontarkan dari lawannya.

4. Kemampuan Unik/ Special
Ini berkaitan dengan ciri khas dari gaya bertarung, baik itu pada saat sedang dalam posisi bertahan ataupun posisi menyerang.
beberapa tehnih yang dianggap unik dan tidak semua ayam memilikinya, seperti :
– tehnik nikus
– tehnik mantul
– tehnik atret
– dll

5. Tingkah Agresif
Jika memiliki tingkat agresif yang tinggi makan ayam aduan akan mengeluarkan segala kemampuannya pada saat bertarung demi melumpuhkan lawannya.
meskipun dibandingkan dengan ayam aduan yang memiliki mental baja sekalipun tanpa sifat agresif yang bagus, maka sebagai penentu adalah menunggu hingga hasil akhirnya saja.

6. Tingkat ikatan batin dengan pemilik/ majikan
faktor ini bukan untuk melebih lebihkan, akan tetapi tentu saja untuk ayam aduan yang terbaik pasti dihasilkan dari suatu ikatan antara pemilik dan ayam tersebut. Dalam suatu contoh kasus bagi seekor ayam yang dalam kondisi prima sekalipun, belum tentu dapat ikut bertanding secara sempurna, karena bisa saja mengalami mencret secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Semoga pembahasan di atas dapat memberikan informasi agar dapat mengetahui CARA TEPAT DALAM MENILAI KETANGGUHAN SEEKOR AYAM ADUAN. Dalam memilih Ayam Bangkok berkualitas, tentu kita harus memperhatikan dahulu jenis ayam tersebut dan juga jenis dari indukan ayam tersebut. Apabila ayam tersebut bukan keturunan dari ayam petarung, sebagus apapun ciri fisik dan kemampuan ayam tersebut, tetap saja hal tersebut tidak bisa menjadikan ayam tersebut sebagai juara.

Demikianlah pembahasan di atas mengenai CARA TEPAT DALAM MENILAI KETANGGUHAN SEEKOR AYAM ADUAN , semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca ataupun para pebotoh untuk menyalurkan hobi pada dunia sabung ayam di tanah air Indonesia, sekian dan terima kasih banyak.

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *