LATIHAN HARIAN FISIK UNTUK AYAM LAGA ADUAN

SABUNG AYAM ONLINE – LATIHAN HARIAN FISIK UNTUK AYAM LAGA ADUAN – Budidaya ayam aduan berbeda dengan budidaya ayam sayur, ayam hias, atau ayam jenis lainnya. Ayam aduan dirawat dan dibesarkan, selain agar memiliki tubuh yang sehat, juga diupayakan agar memiliki kemampuan tarung yang mumpuni. Ayam Aduan lebih sering dikenal sebagai ayam petarung yang tangguh di arena laga ayam.  Memiliki ayam aduan seperti jenis ayam bangkok atau jenis lainnya yang berkualitas terbaik merupakan cita-cita dari para penghobi serta pecinta ayam aduan.

Ada banyak jenis latihan yang dapat dilakukan untuk ayam aduan yang kita miliki, namun pada artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara LATIHAN HARIAN FISIK UNTUK AYAM LAGA ADUAN agar fisiknya kuat dan memiliki kemampuan bertarung maksimal nantinya.

#LATIHAN HARIAN FISIK#
Beberapa latihan dilakukan dalam 30 hari, bukan hanya manusia saja akan tetapi ayam aduan juga dianjurkan melakukan senam pagi antara jam 07.00 pagi, dengan durasi 1 jam kurang-lebih, dengan tujuan untuk melenturkan otot dari ayam aduan. Berikut langkah – langkah dalam melakukan LATIHAN HARIAN FISIK UNTUK AYAM LAGA ADUAN :

1. Dimulai dari Latihan Paha dan Lutut
– untuk pertama sekali, lakukanlah dengan cara memegang bagian pangkal dari ekor ayam dan lalu di angkat sedikit sehingga ayam dapat berlari di tempat.

2. Latihan Leher
– adapun ketentuan cara melakuannya adalah sebagai berikut :
a. kepit (jepit/dekap) badan ayam dengan tangan kiri sambil memegang pangkal leher pada ayam tersebut.
b. Gunakan tangan kanan untuk memegang bagian kepadanya (usahakan ayam tidak tercekik).
c.  lakukan putaran perlahan-lahan ke kiri dan ke kanan, dengan masing -masing putaran sebanyak 30 kali putaran.

3. Latihan Putaran Leher
– adapun ketentuan cara melakuannya adalah sebagai berikut :
Taruh/letakkan lengan tangan anda ke pangkal leher ayam lalu putarlah, maka ayam akan terlihat seperti melawan dorongan dari putaran tangan anda. lakukan dengan cara memutar tubuh ayam ke kiri dan kekanan dengan masing masing putaran sebanyak  30 kali putaran.

4. Latihan Sayap
– adapun ketentuan cara melakuannya adalah sebagai berikut :
Tangan kiri memegang dada dan tangan kanan memegang pangkal dari ekor ayam, kemudian angkat secara bersamaan (jangan angkat terlalu tinggi). Tangan kiri pada dada mengangkat ke atas, tangan kanan pada pangkal dari ekor ayam menyentak ke arah depan. Lakukan training ini sebanyak 30 kali.

5. Latihan Kaki
– adapun ketentuan cara melakuannya adalah sebagai berikut :
Menekan punggung ayam ke bawah dan membiarkan ayam berjalan dengan mendongok kebawah. Lakukan sedikit dorongan dari belakang jika ayam tidak mau berjalan. Training ini dapat dilakukan selama 5 – 7 menit.

6. Latihan Pertahanan Kaki
– adapun ketentuan dalam melakuannya adalah sebagai berikut :
lakukan dalam keadaan posisi anda atau pelatih sedang berjongkok, lalu angkatlah ayam setinggi pundak.  Perlu diperhatikan untuk cara mengangkat ayam adalah sebagai berikut :
a. gunakan tangan kiri untuk memegang bagian dada ayam.
b. gunakan kanan untuk memegang bagian pantan dengan bagian jari bagian telunjuk dan jempol melingkari bagian pangkal ekor ayam.
c. mulailah untuk mengangkat ayam ke atas setinggi pundak bagian kiri.
d. secara perlahan ayunkanlah ayam tersebut dari atas kiri ke arah bawah kanan (lemparan berayun)
tujuan dari latihan ini untuk melatih pertahanan ayam pada saat mendarat sehabis ayam tersebut melakukan serangan lompatan ke lawan. Lakukan pelatihan ini sebanyak 30 x lemparan berayun.

7. Latihan Tehnik Lari
– adapun ketentuan dalam melakuannya adalah sebagai berikut :
membuat jalur putaran lari seperti membentuk angka 8 (delapan) dengan cara memegang pangkal dari ekor ayam dengan menggunakan tangan kanan. Seletah itu doronglah ayam ke arah kiri dengan sedikit tenaga yang cukup agar membuat ayam tersebut dapat berlari mengikuti arah dorongan kearah kiri dan dengan posisi tangan kiri juga yang sudah bersiap memutar balik kepala ayam  kembali kearah semula sehingga jalur yang terbentuk tadi seperti angka delapan. Silahkan lakukan hal ini sebanyak 30 kali putaran.

8. Latihan Paha dan Badan
– adapun ketentuan dalam melakuannya adalah sebagai berikut :
lalukan dalam keadaan posisi anda atau pelatih sedang berjongkok, dengan awalan mulai dari posisi sebelah kanan serta tangan kanan memegang bagian samping dada atau bawah ketiak ayam. Lakukan gerakan melempar/sorongan secara menyamping ke arah kiri yang nantinya akan membuat ayam berlari ke arah sebelah kiri , dan lalu terima dengan tangan kiri untuk melakukan melempar/sorongan balasan ke arah kanan. Silahkan lakukan latihan sebanyak 30 kali.

Setelah latihan selesai maka biarkan agar ayam di lepas untuk melemaskan otot-ototnya selama 5 menit. Kemudian anda dapat mulai membersihkan ayam aduan dengan cara membasuhnya. Setelah semuanya selesai, maka lepaskan sebentar kurang lebih 3 menit. Setelah itu berilah sedikit makan dan  minum.

Demikian ulasan yang membahas mengenai LATIHAN HARIAN FISIK UNTUK AYAM LAGA ADUAN.  Semoga hal ini dapat berguna/bermanfaat bagi para pecinta ayam aduan. terima kasih

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *