CARA MENGOBATI CACINGAN PADA AYAM ADUAN

SABUNG AYAM ONLINE – CARA MENGOBATI CACINGAN PADA AYAM ADUAN – Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika cacingan yang dialami ayam aduan atau ayam Bangkok bisa menimbulkan penyakit yang cukup mengkhawatirkan. Itulah mengapa penyakit cacingan yang dialami oleh ayam aduan atau ayam Bangkok memang tidak terlalu diperhatikan karena tidak menimbulkan kesalahan yang fatal , apalagi hingga menimbulkan kematian.
Akan tetapi pada faktanya bahwa cacing yang ada didalam tubuh ayam akan bertindak seperti benalu dan menghisap sari makanan dari dalam tubuh ayam, itu akan sangat merugikan sekali bagi ayam tersebut. Maka secara rutin pengobatan penyakit cacingan pada aduan atau ayam Bangkok harus menjalani sampai sembuh.

CARA MENGOBATI CACINGAN PADA AYAM ADUAN

Pada umumnya ada 2 jenis cacing yaitu gilik dan pita yang merupakan cacing yang menginfeksi kedalam tubuh ayam aduan atau Bangkok. Cacing yang dimaksud berasal dari makanan berupa binatang kecil yang mengandung larva atau telur cacing, atau melalui siput, semut atau kumbang dan lainnya yang terbawa ke kandang ayam Bangkok tersebut.

Penyakit cacingan pada ayam jangan dianggap remeh jika dibiarkan maka akan mengganggu pertumbuhan pada ayam yang dapat berpengaruh pada perkembangbiakan ayam Bangkok tersebut. Oleh karena itu, sangat penting mengobati ayam aduan atau ayam Bangkok kita yang terkena Penyakit cacingan.

Ayam aduan atau ayam Bangkok  yang terkena penyakit cacingan lebih baik jika dipisahkan dari ayam – ayam yang sehat. Setelah itu untuk cara melakukan pengobatan untuk mengatasi Cacingan pada ayam Bangkok haruslah dilakukan secara teratur dan mengikuti saran yang telah dianjurkan secara tepat dan benar. Maka menurut aturan yang berlaku adalah dengan menggunakan dosis yang pas atau sesuai takaran yang dianjurkan dalam tahap pengobatan ayam aduan atau ayam Bangkok yang terserang penyakit.
Dalam masa pemberian obat cacing pada ayam tersebut, maka sebaiknya terlebih dahulu ayam tersebut diberikan makan sebelum pemberian obat dilakukan. Anda juga bisa memperkuat daya tahan tubuh serta memberi tambahan nutrisi yang telah habis oleh karna diserap oleh cacing tersebut.
Pengobatan ayam aduan atau ayam Bangkok dapat juga dilakukan dengan menggunakan buat pinang yang masih muda. Nantinya buah tersebut kemudian iris secara halus dan di tambahkan sedikit minyak atau air agar mudah ditelan oleh Ayam aduan atau ayam Bangkok yang terkena penyakit. Cara melakukannya adalah dengan diminumkan ke mulut Ayam aduan atau ayam Bangkok yang terkena penyakit cacinganan dan akan lebih mudah dengan menggunakan sendok kecil atau corong kecil, atau sejenis sponge/busa yang telah dibasahi dengan air pinang tersebut sehingga dengan cepat masuk ke kerongkongan ayam Bangkok..

Demikian ulasan yang membahas mengenai CARA MENGOBATI CACINGAN PADA AYAM ADUAN. Disarankan agar rutinlah membersihkan kandang ayam yang kita sayangi tersebut sehingga tidak ada ayam yang terkena cacingan yang akan berakibat buruk terhadap perkembangan ayam Ayam aduan atau ayam Bangkok yang anda miliki. Semoga bermafaat.

>BS<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *