AYAM ONAGADORI YANG PALING TERHORMAT

SABUNG AYAM ONLINE – AYAM ONAGADORI YANG PALING TERHORMAT yang merupakan golongan ayam yang sudah langka dan termasuk hewan unik. Memiliki ekor yang panjangnya bisa mencapai 20 meter, ayam ini adalah salah satu ayam yang berasal dari Jepang…
Dari ke-17 spesies-nya, AYAM ONAGADORI ini adalah salah satu ayam yang dikembangbiakkan di Indonesia. Namun AYAM ONAGADORI yang ada di Indonesia saat ini memiliki bulu ekor yang hanya mencapai 1,5 meter saja. Untuk AYAM ONAGADORI sendiri, ekor yang panjang dan indah hanya dimiliki si pejantannya saja.

AYAM ONAGADORI YANG PALING TERHORMAT

Di-Jepang sendiri, ayam ini cukup banyak memancing rasa ketertarikan bagi orang yang suka/ hobi memelihara ayam, bahkan Kaisar Jepang sekalipun juga tertarik untuk memelihara AYAM ONAGADORI karna kecantikannya yang memang tidak diragukan lagi.
Ayam yang dikenal sebagai “Ayam Yang Paling Terhormat” merupakan julukan untuk AYAM ONAGADORI. Dinilai Karena keunikannya maka gelar ini diberikan oleh pemerintah Jepang bagi seekor ayam yang barada di Jepang. Termasuk jenis unggas yang dilindungi, maka Negara Jepang menjaga dan mengembangbiakkan AYAM ONAGADORI sebagai Hewan ciri khasnya.

Image result for ayam onagadori

Gelar “AYAM ONAGADORI YANG PALING TERHORMAT” diberikan kepada AYAM ONAGADORI  jika anda melihat dari bentuk ayam dan ekornya maka tidaklah salah, bukan? Walaupun saat ini perkembangannya ayam ini telah berhasil memproduksi jenis AYAM ONAGADORI dengan ekor yang lebih panjang dengan warna yang sangat menarik dan indah, akan tetapi jika dilihat dari sisi perkembangan AYAM ONAGADORI masih tergolong terbatas. Dikarenakan untuk cara pemeliharaannya yang tergolong susah dan harus sangat memperhatikan keadaan disekitarnya agar ayam ini tidak saling bertarung dengan ayam lainnya yang berakibat dapat merusak ekor atau keindahannya. Untuk mendapatkan ekor indah dan panjang hingga 1 meter lebih, seekor AYAM ONAGADORI membutuhkan waktu 3 tahun lamanya.

Untuk kandang AYAM ONAGADORI terdapat sedikit perbedaan dalam memelihara ayam Onagadori jantan dan betina. Kandang bagi pejantan harus dibuatkan khusus dikarenakan untuk menjaga agar ekor AYAM ONAGADORI yang menyentuh tanah tidak kotor sehingga tetap terlihat indah. Sengaja dibuat sempit dan menyerupai almari(lemari) agar ayam tidak banyak bergerak dan merusak ekor. Namun jika kandang terlalu sempit juga dapat mendatangkan hal buruk bagi ekor sang ayam ini.
Untuk pemeliharaan ayam ini memang termasuk unggas unik yang memiliki resiko tersendiri dalam hal serangan dari penyakit. Tapi dalam pemberian pakan yang baik dan teratur dengan pola perawatan yang baik maka tentu saja akan menjadi faktor pendukung bagi kesehatan AYAM ONAGADORI.

By BS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *